Loading...
Teguh Sucianto

OpiniKita: Tips Cepat Menjadi Pengajar Yang Dirindukan

04 Apr 2017 17:27. Oleh Teguh Sucianto

Semoga TemanKita dalam keadaan baik dan sehat selalu. TemanKita tentu tidak asing dengan kalimat “Pahlawan Tanpa Tanda Jasa” kalimat tersebut merujuk pada sosok profesi Guru. Guru secara harafiah berarti “berat”, sedangkan dalam Bahasa Indonesia umumnya merujuk pada profesi pendidik yang mengajarkan, membimbing, melatih dan mengevaluasi peserta didik. Pertanyaannya adalah apakah mengajarkan, menjadi pengajar hanya sebatas pada sebuah profesi? Apakah seseorang yang merasa memiliki ilmu dan keahlian tidak dapat membagai atau memberikan ilmu kepada orang lain?

Jika kita bahas lebih dalam maka tidak akan selesai, pada prinsipnya menjadi pengajar adalah sebuah pilihan, entah mau di perdalam lagi menjadi sebuah profesi, semua itu kembali lagi pada pilihan. Namun sedikit berbagi tips cepat untuk TemanKita yang akan mencoba menjadi Guru atau minimal ingin membagi ilmunya kepada teman, saudara atau adik di rumah, agar disenangi dan dirindukan. Simak tips berikut ini.

Jalin Hubungan Yang Baik Secara Emosional Dengan Peserta Didik

Hubungan yang baik secara emosional dapat TemanKita bangun dengan mengetahui karakter, psikologi dari peserta didik, pahami dan coba bangun kenyamanan. Rasa nyaman dari peserta didik akan mempermudah peserta didik dalam menyerap pengetahuan yang diberikan, dan memudahkan TemanKita dalam menyampaikan materi. Semisal TemanKita akan mengajarkan adik di rumah, maka seharusnya lebih mudah, karena karakter serta emosi sudah dipahami, tinggal bangun perasaan nyaman, dengan cara mengatur waktu yang tepat untuk memulai belajar, atau buat tempat belajar menjadi nyaman. Tidak boleh memaksakan, ajak, ikuti alur kemauannya, arahkan pola pikirnya bahwa belajar itu menyenangkan.

Hubungan yang baik, seolah menjadikan TemanKita tidak ada jarak antara pengajar dan peserta didik, bangun posisi bahwa tidak ada yang benar, tidak ada yang lebih pintar, antara pengajar dan peserta didik melainkan sedang berproses belajar bersama. Rasa hormat dan menghormati perlu dibangun dengan kesadaran yang baik, jika hubungan emosional sudah terjalin dengan baik, maka TemanKita akan menjadi pengajar yang selalu dirindukan.

Update Dalam Pengetahuan Umum

Kadangkala trend yang sedang terjadi saat ini akan mempengaruh sikap seseorang. Setelah kita mengerti emosi dan karakter peserta didik maka kita perlu membaca kecendrungan lingkungan yang sedang mempengaruhi peserta didik. TemanKita dapat mengikuti trend tersebut namun dapat mengarahkan, selama hal tersebut masih positif. Semisal dewasa ini banyak sekali muncul bahasa-bahasa slang yang penggunaanya terkadang tidak tepat, sehingga perlu diluruskan, arahkan bahwa penggunaan bahasa disesuaikan dengan tempat dan suasana. Apabila dalam proses penyampaian materi, usahakan konsisten dalam menggunakan ragam resmi, apabila dalam keadaan santai gunakanlah ragam bahasa tidak resmi. Dengan penerapan yang sesuai dan kita selalu Update mengikuti trend maka kita dapat menyesuaikan segala hal, maka kita akan dirasakan dekat dengan kehidupan mereka, tak menutup kemungkinan TemanKita akan menjadi pengajar yang dirindukan.

Menjaga Pikiran Agar Selalu Positif

Dalam memberikan ilmu pengetahuan kepada peserta didik, maka TemanKita perlu menjaga pikiran selalu positif, bahwa manusia pada dasarnya dapat mengubah diri menjadi lebih baik dan berkualitas sesuai dengan kemampuannya. Pikiran positif maka akan lebih banyak membuka mata kita untuk dapat melihat potensi dari peserta didik. Semisal apabila ternyata peserta didik tidak menguasai bidang eksakta dan sudah susah payah diarahkan namun tetap tidak dapat memahami, maka bakat atau peminatan bukan pada eksakta, maka tugas TemanKita mencoba memfasilitasi dengan memberikan arahan yang tepat. Gali lebih dalam potensi peserta didik, teman ataupun saudara TemanKita agar lebih cepat dalam mendapatkan keilmuan yang paling diminati. Mutlak untuk TemanKita selalu berfikir positif, sehingga peserta didik dapat terbaca kemampuannya. Apabila hal ini sudah diterapkan, tidak mustahil maka TemanKita akan menjadi pengajar yang selalu dirindukan, bahkan bukan hanya sebagai pengajar tetapi menjadi sesuatu yang dibutuhkan oleh peserta didik.

Banyak sekali tips yang sebenarnya dapat TemanKita lakukan demi menjadi pengajar yang baik, karena semua yang baik sudah barang tentu benar, meski kebenaran permasalahan perspektif. Menjadi pengajar yang selalu dirindukan adalah anugrah terbesar yang dapat TemanKita rasakan dalam dunia pendidikan. Semangat selalu, tidak perlu menjadi matahari, jika lilin dapat memberikan cahaya yang cukup. Salam hangat Kelaskita.com


kelaskita logo kecil Explore