Berdasarkan berbagai penelitian, tidur dipercaya memiliki peran penting dalam pengaturan kesehatan fisik dan mental yang sehat pada manusia. Kurang tidur bisa mengganggu kondisi kesehatan. Sementara dengan tidur yang cukup, akan membuat kita semakin produktif saat beraktivitas.

 

Nah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Teman Kelaskita lakukan untuk menjaga kualitas tidur. Disimak ya!

 

1. Hindari kafein di malam hari 

 

Sebisa mungkin, hindari untuk mengonsumsi kafein di malam hari atau sebelum tidur. Kafein ini bisa membuat kita sulit tidur sehingga waktu tidur kita berkurang. 

 

2. Jauhkan handphone saat akan tidur

 

Usahakan untuk menjauhkan handphone sesaat sebelum kita tidur. Menggunakan handphone sebelum tidur bisa memengaruhi produksi hormon melatonin, yang merupakan hormon yang membantu seseorang tidur dan mengatur siklus tidur. 

 

3. Olahraga 

 

Olahraga akan membantu menjaga tubuh dan pikiran tetap tenang dan rileks. Dengan kondisi tubuh dan pikiran yang rileks, tidur menjadi lebih lelap dan lebih berkualitas.

 

4. Jaga nutrisi makanan

 

Konsumsi makanan kaya nutrisi bisa membantu menjaga mikrobioma usus yang sehat, yang dapat membuattidur kita tidak terganggu dan berkualitas. 

 

 

Itu dia 4 tips sederhana agar tidur kita bisa berkualitas dan maksimal. Yang perlu diingat, kita juga harus disiplin pada diri sendiri dan dan usahakan selalu menyisihkan waktu 6-8 jam untuk tidur setiap harinya. Dengan begini, kita juga akan fit dan produktif saat beraktivitas harian. Selamat mencoba! (Erick)