Teman Kelaskita pasti banyak yang setuju dong kalau Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa internasional yang penting untuk kita kuasai? Untungnya, di zaman sekarang, belajar bahasa Inggris jauh lebih gampang. Modal internet, kita bisa mengakses berbagai materi pelajaran Bahasa Inggris mulai dari level dasar sampai advance.

 

Nah, selain mengikuti kelas-kelas belajar online di internet, ada beberapa tips agar kita bisa meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris secara otodidak di rumah. Pengen tau? Coba disimak ya, Teman Kelaskita!

 

 

1.     Nonton film dengan subtitle Bahasa Inggris 

 

Saat ini, sudah banyak film bahasa Inggris yang tersedia di internet atau platform-platform nonton online, seperti Netflix. Kamu cukup memilih genre yang disukai dan pastikan film tersebut menggunakan bahasa Inggris. Pilihlah subtitle bahasa Inggris, agar kamu juga belajar cara menyesuaikan ucapan dan tulisan dalam bahasa Inggris.

 

2.     Nonton YouTube berbahasa Inggris 

 

Kecanggihan teknologi kini membuatmu mudah mengakses apa pun, tak terkecuali YouTube. Kamu bisa mempelajari YouTube berbahasa Inggris atau YouTube yang benar-benar bertujuan untuk kursus online yang diajarkan oleh native dari luar negeri. Menonton YouTube juga menjadi salah satu cara mengasah skill bahasa Inggris secara otodidak dan gratis. 

 

3.     Catat kosakata Bahasa Inggris yang masih asing

 

Saat menonton film, mendengarkan lagu, atau bahkan menonton YouTube, usahakan kamu mencatat kosakata yang kamu tidak mengerti. Setelah itu, kamu bisa mencari tahu arti dan makna kata bahasa Inggris tersebut di kamus maupun Google Translate. 

 

4.     Baca artikel berbahasa Inggris 

 

Cara satu ini juga efektif untuk meningkatkan skill bahasa Inggris kita. Membaca artikel bahasa Inggris bisa membuat kita meningkatkan keahlian grammar dan memperkaya kosakata bahasa Inggris. 

 

5.     Coba menulis dengan Bahasa Inggris 

 

Kemampuan menulis juga penting. Untuk melatihnya, kita bisa memulai menulis apa saja dalam Bahasa Inggris. Contoh gampangnya adalah menulis kegiatan kita sehari-hari. Tidak perlu khawatir salah, kita bisa kok melihat kamus atau pakai Google Translate. Apabila kita menulisnya di ms words, fitur check spelling or grammar juga akan bisa membantu kita.

 

 

 

Itu dia beberapa tips belajar Bahasa Inggris otodidak yang bisa coba kita lakukan di rumah. Nah, kalau untuk melatih kemampuan berbicara, kita bisa mengajak teman atau keluarga kita untuk mulaiberkomunikasi sehari-hari menggunakan Bahasa Inggris. Selamat mencoba ya, Teman Kelaskita! (Erick)