Permainan catur adalah olahraga otak yang membutuhkan perhitungan matang dalam setiap langkahnya. Kita perlu mempelajari strategi dan cara mengenali gerakan untuk membaca lawan, guna memenangkan permainan. 

 

Nah, kalau kamu masih pemula dan ingin belajar catur, berikut ada 5 tips yang bisa kamu ikuti. Coba disimak ya, Teman Kelaskita!

 

 

1. Langkah pembuka menentukan

 

Gerakan pembuka akan menentukan sisa permainan, mengarahkan kamu ke serangan pertama, atau membantu kamu mengontrol bagian tertentu papan catur. Cara terbaik seorang pemula untuk belajar merencanakan langkah adalah dengan berlatih menggunakan langkah-langkah pembuka umum.

 

 

2. Pikirkan 4-5 langkah ke depan

 

Catur adalah permainan strategi. Karena itu, dalam bermain catur, kita harus selalu memikirkan 4-5 langkah ke depan dan membentuk serangan jangka panjang saat bermain catur.

 

 

3. Kendalikan bagian tengah papan catur 

 

Dalam bermain catur, penting untuk kita mengontrol bagian tengah papan, terutama empat kotak di tengah papan. Dengan begini, kita akan dapat membangun serangan, mengontrol kecepatan, dan arah permainan. 

 

Kamu dapat mengatur bagian tengah papan dengan dua teknik ini:

 

Middle Support: Teknik ini dapat kamu lakukan dengan menggunakan menteri dan kuda di bagian tepi papan untuk mendukung pergerakan bidak lain di bagian tengah. Keduanya dapat bergerak dan melindungi kamu dari serangan.

 

Use the Flank: Taktik ini sangat modern untuk mengontrol bagian tengah papan. Caranya dengan menempatkan benteng, ratu, dan kuda berada di sisi-sisi papan sehingga menyulitkan buah catur lawan bergerak ke tengah.

 

 

4. Ciptakan ruang gerak

 

Setelah membuat gerakan pembuka, kamu harus mulai mengembangkan posisi menyerang. Berikan ruang gerak yang cukup untuk tiap buah catur sehingga buah-buah catur tersebut dapat berpindah dengan leluasa dari kotak mereka. Kecuali terpaksa, metode terbaik adalah memindahkan buah catur secara bergantian. Jangan pindahkan buah catur yang sama dua kali, kecuali kamu harus mempertahankan buah catur tersebut atau menyerang.

 

 

5. Pelajari teknik Rokade

 

Rokade adalah istilah untuk pergerakan raja ke sisi dalam barisan dan menggeser benteng persis di sebelah raja. Langkah ini sangat efektif ketika raja kamu sedang terancam akan kena skak. Langkah yang diambil untuk melindungi raja ini sering digunakan di tengah permainan. Langkah ini memerlukan dua buah catur, yaitu raja dan benteng.

 

 

Itu dia beberapa tips bermain catur untuk pemula. Tentunya Teman Kelaskita harus rajin berlatih dan mempelajari berbagai strategi-strategi permainan catur yang ada. Selamat bermain! (Erick)