Berada di rumah selama pandemi ini jangan sampai membuat kita jadi kurang melakukan aktivitas fisik. Karena dengan kita kurang gerak, akan bisa memberikan efek negatif pada kesehatan, kesejahteraan, dan kualitas hidup kita. 

 

Karena itu, sebisa mungkin kita harus tetap bergerak atau berolahraga selama masa pandemi ini. World Health Organization (WHO), merekomendasikan olahraga selama 150 menit intensitas sedang atau 75 menit olahraga intensitas tinggi per minggu. 

 

Nah, berikut ini adalah beberapa tips menjaga badan tetap sehat selama pandemi Covid-19 menurut WHO. Coba disimak ya, Teman Kelaskita.

 

1. Lakukan aktivitas ringan di rumah

 

Selain olahraga, WHO juga menyarankan untuk tetap melakukan aktivitas ringan setiap hari, seperti melakukan pekerjaan rumah, berkebun, bermain dengan anak, dan sebagainya.

 

2. Jalan kaki

 

Jalan kaki, meski di dalam rumah, akan membantu tubuh untuk tetap aktif. Kalau Teman Kelaskita mau berolahraga di luar rumah, pastikan untuk selalu memakai masker dan menjaga jarak dari orang lain. 

 

3. Kurangi duduk terlalu lama

 

Kurangi waktu duduk dan selingi dengan berdiri sebisa mungkin. Duduk terlalu lama menyebabkan otot membakar sedikit lemak, sirkulasi darah lebih lamban, dan membuat asam lemak lebih mudah untuk menyumbat peredaran darah ke jantung.

 

4. Meditasi 

 

Latihan meditasi dan latihan pernapasan dapat membantu tubuh dan pikiran tetap tenang dan lebih damai. 

 

5. Ikut kelas olahraga online

 

Saat ini ada banyak kelas olahraga online yang bisa diakses di mana saja dan kapan saja. Di Kelaskita.com misalnya, ada beberapa video workout dan yoga untuk kesehatan yang bisa kita ikuti kelasnya. Instrukturnya dijamin profesional dan berpengalaman di bidangnya. Penasaran? Intip aja kelas-kelasnya di sini.

 

 

Itu dia 5 tips yang bisa kita lakukan agar badan kita tetap bugar dan sehat selama pandemi ini. Agar lebih optimal, jangan lupa untuk menjaga pola makan sehat dan seimbang serta minum air yang cukup ya, Teman Kelaskita! (Erick)