5 Kesalahan di Masa Pandemi

5 Kesalahan di Masa Pandemi


Untuk bisa terhindar dari kemungkinan terpapar virus COVID-19, tetap berada di dalam rumah adalah hal terbaik yang bisa kita lakukan selama pandemi ini. Namun, jika keadaan memaksa kita untuk beraktivitas di luar rumah, pastikan kita tidak melakukan kesalahan-kesalahan berikut ini.

 

1. Keluar tanpa masker, hand sanitizer, dan tidak membawa tissue

 

Keluar rumah tanpa memakai masker adalah pelanggaraan berat saat ini. Meskipun hanya ke warung tetangga atau ke mini market depan komplek, kita wajib menggunakan masker. Selain masker, hand sanitizerdan tissue juga wajib kita bawa saat kita keluar rumah. Karena kita tidak pernah tau akan bertemu siapa di luar sana.

 

2. Menganggap pandemi corona sudah hilang atau tidak berbahaya

 

Jangan pernah menganggap remeh dan berpikir kalau pandemi corona ini tidak lagi menjadi ancaman. Tetap lakukan protokol kesehatan dan lakukan semua tindakan pencegahan yang diperlukan setiap kali kita keluar dari rumah.

 

3. Tidak hati-hati saat menyentuh benda

 

Di masa adaptasi kebiasaan baru ini, banyak orang yang beraktivitas keluar rumah dan tidak lagi waspada akan bahaya virus corona. Karena itu, kita harus lebih berhati-hati ketika menyentuh benda apapun dan berhati-hati saat melakukan kontak langsung dengan orang lain di tempat umum. 

 

4. Berhenti update berita seputar pandemi corona

 

Meski terkadang meresahkan, penting untuk kita tetap update berita terkini mengenai perkembangan COVID-19. Salah satu manfaatnya adalah kita jadi mengetahui wilayah mana yang menjadi tempat penularan yang tertinggi. Dan bisa menghindarinya. Pastikan saja kita mengakses informasinya dari media yang kredibel dan terpercaya.

 

5. Berbelanja yang Tidak Perlu

 

Saat ini, kondisi finansial yang aman adalah prioritas utama kita. Ketersediaan dana darurat penting jika sewaktu-waktu kita perlu dana untuk biaya kesehatan atau kebutuhan penting lainnya. Untuk itu, sebaiknya kita menahan diri untuk tidak berbelanja barang-barang yang sebenarnya kurang diperlukan.

 

 

Itu dia 5 hal yang perlu kita perhatikan dan harus kita hindari jika beraktivitas di luar rumah selama masa pandemi ini. Perlu diingat kalau virus masih mengintai di luar sana. Karena itu, jangan pernah mengabaikan protokol kesehatan saat kita berada di luar rumah. Stay safe and healthy! (Erick)

Diskusi

(*) Berkomentarlah secara bijaksana. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Kita mulai diskusi yuk! Berkomentar bebas tapi sopan ya