5 Strategi Bisnis di Era New Normal

5 Strategi Bisnis di Era New Normal


Pandemi COVID-19 memberi dampak ke seluruh sektor, termasuk sektor bisnis, yang mengalami penurunan produktivitas dan berkurangnya jumlah penjualan. Bahkan tidak sedikit juga usaha yang terpaksa tutup karena tak mampu beradaptasi dengan keadaan ini. 

 

Untuk bisa bertahan, kita para pengusaha harus bisa lebih jeli lagi dalam menjalankan bisnisnya. Ada perubahan prilaku konsumen yang terjadi. Untuk itu, para pebisnis, baik yang sudah berjalan ataupun yang ingin memulai baru, tentu perlu mencari pola dan strategi baru untuk bisa beradaptasi dengan kondisi new normal ini.

 

Apa saja yang perlu diperhatikan dan dilakukan? Simak beberapa strateginya di bawah ini.

 

 

1. Mengenali target konsumen


Fase new normal ini sedikit banyak mengubah pola, perilaku, prioritas konsumsi, dan daya beli. Hal ini tentunya harus kita pelajari dan kita jadikan dasar untuk pengambilan strategi bisnis kita ke depannya. Bagaimana kita menentukan harga, cara dan jalur pemasaran, sampai jenis barang atau jasa yang akan kita jual, semuanya haru sesuai dengan target konsumen yang kita sasar.

 

2. Inovasi produk


Inovasi dan diferensiasi produk sangatlah penting untuk dilakukan untuk menambah value produk kita saat ini. Cobalah untuk meriset dan membuat atau memodifikasi produk kita agar lebih menarik untuk pelanggan. 

 

3. Evaluasi harga produk


Di masa new normal ini, kita harus memikirkan kembali harga yang pas agar bisa menarik minat konsumen. Jangan lupa untuk melihat dan membandingkan harga produk kita dengan kompetitor. Pastikan harga produk atau jasa yang kita jual sesuai dengan kualitas dan target pasar. 

 

4. Manfaatkan digital marketing


Memaksimalkan penggunaan internet sebagi jalur pemasaraan adalah wajib dilakukan di era sekarang. Masa di mana setiap orang terhubung dan mengakses informasi melalui gadget di mana saja. Jadi, kita harus gencar untuk menggunakan jalur digital untuk berpromosi dan berjualan. Mulai dari sosial media, websiteemail marketing, dan lain-lain. 

 

5. Membangun komunikasi dengan customer


Komunikasi adalah kunci. Dengan kondisi pandemi saat ini, kita harus menyesuaikan cara berkomunikasi dengan pelanggan agar tetap bisa berjalan dengan baik. Jadi, memaksimalkan sosial media seperti instagram, line, twitter, atau bahkan whatsapp harus dilakukan. Tidak hanya sebagai media promosi, tapi juga membangun komunikasi dua arah antara kita dan pelanggan. 

 

 

Nah, itu lima strategi bisnis yang bisa coba dilakukan di saat situasi new normal seperti saat ini. Tetap semangat dan semoga sukses! (Erick)

Diskusi

(*) Berkomentarlah secara bijaksana. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Kita mulai diskusi yuk! Berkomentar bebas tapi sopan ya