Perhatikan Ini Saat Memilih Laptop Gaming

Perhatikan Ini Saat Memilih Laptop Gaming


Buat gamer, memilih laptop gaming bukanlah perkara gampang. Kita kadang bingung untuk mengambil keputusan karena banyaknya fitur dan hal yang perlu dipertimbangkan, termasuk layar, faktor bentuk dan ukuran, masa pakai baterai, dan tentu saja: budget.

 

Nah, bagi kamu yang ingin membeli laptop gaming untuk bermain game favorit, berikut ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak salah beli laptop.

 

1. Cek VGA

 

Saat akan membeli laptop gaming, kita harus memastikan laptop itu memiliki VGA atau kartu grafis yang mumpuni. Untuk poin ini sebaiknya kita fokus pada teknologi VGA dan pada seri VGA tersebut. Jangan fokus pada VRAM atau memori pada VGA. Meskipun VRAM untuk gaming juga penting, tapi VRAM lebih berpengaruh pada desainer grafis bukan gaming.

 

2. Prosesor yang Digunakan

 

Pilihlah laptop dengan prosesor generasi terbaru, terutama yang sudah memiliki grafis terintegrasi sendiri. Prosesor yang memiliki grafis terintegrasi, akan bisa bekerja secara bergantian dengan kartu grafis di laptop. Misalnya untuk main game, kartu grafis yang bekerja, tetapi untuk proses mengetik maka pengolah grafis pada prosesor yang akan bekerja. Sistem ini tentu akan membuat laptop lebih bekerja secara efektif dan efisien. Sebaiknya tidak memilih laptop dengan prosesor tipe ULV atau prosesor hemat daya karena tentu tidak akan optimal.

 

3. RAM

 

Rata-rata game zaman sekarang membutuhkan RAM lebih besar. Idealnya, untuk bisa bermain game dengan enak, laptop kita memiliki RAM 16 GB. Tapi 8 GB juga sudah cukup mumpuni untuk kebanyakan game. Jika budget masih terbatas, pastikan laptop kita punya slot tambahan untuk RAM, yang bisa kita tambahkan di kemudian hari. 

 

4. Media Penyimpanan

 

Media penyimpanan pada laptop juga perlu diperhatikan. Yang paling ideal adalah SSD, karena memiliki kinerja yang lebih baik dan cepat daripada HDD, sehingga akan terasa nyaman untuk main game. Tapi umumnya, SSD memiliki kapasitas yang kecil. Kalaupun ada SSD dengan kapasitas besar, harganya relatifmahal. 

 

5. Ukuran Screen Laptop

 

Berikutnya adalah ukuran layar pada laptop. Banyak gamer yang nyaman bermain dengan layar laptop besar berukuran 15 sampai 17 inch. Namun jika dana terbatas, laptop dengan screen 14 inch juga bisa dipertimbangkan.

 

6. Keyboard

 

Keyboard pada laptop juga sangat mempengaruhi kenyamanan saat bermain game. Pilihlah laptop gamingyang memiliki keyboard yang paling cocok dengan kita. Pastikan juga keyboard itu memiliki backlit.

 

7. Memiliki Banyak Port

 

Pilihlah laptop yang memiliki pilihan port yang banyak, seperti port USB 3.0, port HDMi, thunderbolt, atau portD-SUB. Hal ini perlu apabila kita nanti butuh menghubungkan laptop gaming dengan monitor yang lebih lebaratau kebutuhan-kebutuhan koneksi lainnya.

 

8. Garansi Laptop

 

Garansi laptop juga perlu kita perhatikan. Tiap produsen laptop memiliki masa garansi yang berbeda-beda. Cari tau berapa lama garansi yang ditawarkan oleh produk laptop tersebut. 

 

9. Dana / Budget

 

Ini adalah poin paling fundamental dalam membeli laptop gaming: menyiapkan dana. Karena laptop gamingmemiliki spesifikasi yang terbilang tinggi, laptop gaming yang ideal umumnya berharga di atas 10 juta. Jadi, untuk menghindari kekecewaan karena tidak puas dengan laptop yang kita beli, sebaiknya kita menahan diri dan menabung dulu sampai dana cukup untuk membeli laptop incaran kita. 

 

 

Itu dia 9 hal yang bisa diperhatikan saat kita akan membeli laptop gaming. Selamat berburu laptop incaran dan selamat bermain! (Erick)

Diskusi

(*) Berkomentarlah secara bijaksana. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Kita mulai diskusi yuk! Berkomentar bebas tapi sopan ya