5 Makanan Sehat Bikin Tetap Fit Selama Pandemi

5 Makanan Sehat Bikin Tetap Fit Selama Pandemi


Semua pasti setuju kalau menjaga daya tahan tubuh di situasi pandemi ini sangatlah penting. Salah satu carauntuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat dan selalu fit tentunya adalah dengan memaksimalkan asupan yang kaya nutrisi dan vitamin. Karena itu, kita perlu menjaga pola makan sehat dengan asupan gizi seimbang.

 

Nah, teman Kelaskita tau nggak, kalau di sekitar kita sebenarnya ada makanan bergelar “superfood”. Disebut makanan super karena makanan ini memiliki sangat banyak nutrisi yang menyehatkan tubuh kita.

 

Penasaran apa saja superfood yang bisa kita santap untuk membantu menaikkan imun tubuh kita? Simak nih!

 

1. Madu

 

Madu bisa dibilang sebagai salah satu makanan yang memiliki banyak khasiat buat tubuh kita. Madu adalah sumber karbohidrat yang baik karena antibakteri dan anti-inflamasi, kaya kandungan vitamin terutama B1, B2,B6, dan C, kandungan mineral seperti kalsium, fosfor, dan kalium.

 

Madu ini bisa juga kita konsumsi untuk pengganti gula untuk minuman, misalnya. Tapi yang pasti, tetap jangan berlebihan yah. Sehari satu sampai dua sendok madu sudah cukup buat menjaga stamina kita.

 

2. Jahe

 

Jahe makin populer selama masa pandemi ini. Soalnya, jahe punya kandungan sangat baik yang dapat memperkuat imun tubuh. Kandungan tersebut adalah vitamin C, magnesium, gingerol, vitamin A, B1, B3, dan C, proteolitik, zingibain, minyak atsiri, oleoresin, dan senyawa fenolik. Jahe ini bisa dibuat minuman atau ditambahkan sebagai bumbu masakan.

 

3. Daun kelor

 

Mungkin tidak banyak yang sadar akan khasiat daun kelor. Padahal, tanaman ini memiliki banyak banget manfaat, mulai dari kecantikan, kesehatan, sampai kecerdasan otak.

 

Menurut beberapa artikel, 100 gram daun kelor kering mengandung protein dua kali lebih tinggi dari yogurt, vitamin A tujuh kali lebih tinggi dari wortel, vitamin C lebih tinggi dari jeruk, kalium tiga kali lebih tinggi dari pisang, dan masih banyak lagi. Dahsyat kan?

 

Untuk mengonsumsi daun kelor ini bisa dimasak menjadi sayur bening atau diseduh seperti teh dan diminum.

 

4. Sayur Tauge

 

Sayur tauge ini kaya akan kandungan vitamin B, vitamin C, kalium, zat besi kalsium, dan protein. Selain gampang didapat dan harganya murah, sayuran ini juga rasanya enak dan cocok dipadukan dengan berbagai jenis makanan. Bisa ditumis dengan tahu, dimasukkan ke mie ayam, ada di dalam ketoprak, dan lain-lain.

 

5. Buah beri

 

Buah beri-berian seperti strawberry, blackberry, blueberry, atau raspberry terkenal sama kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas sehingga tubuh tidak gampang sakit. Buah-buahan ini bisa dikonsumsi langsung, dibuat jus, atau bahkan dicampur dengan yogurt, semuanya sah, sesuai selera.

 

Nah, itu dia lima makanan yang memiliki banyak nutrisi dan bagus banget buat tubuh kita. Selain mengonsumsi superfood ini, kita juga tetap perlu menyeimbangkan makanan sehat lainnya sehingga nutrisi yang diperoleh tubuh kita menjadi lebih beragam dan lengkap. (Erick)

Diskusi

(*) Berkomentarlah secara bijaksana. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Kita mulai diskusi yuk! Berkomentar bebas tapi sopan ya