Tips Keluar dari Zona Nyaman

Tips Keluar dari Zona Nyaman


Berada di zona nyaman memang enak. Hidup santai, tenang, less pressure, dan bebas dari rasa khawatir. 

 

Tapi, sesungguhnya, zona nyaman ini berpotensi membuat kita tidak bisa berkembang lebih lagi. Untuk itu, sedikit perubahan akan membuat hidup kita lebih menarik, dan bisa jadi membawa kita menjadi lebih sukses lagi ke depannya.

 

Perubahan dan keluar dari comfort zone ini bukan berarti kita keluar dari tempat kerja kita. Karena sebenarnya ada banyak aktivitas yang bisa kita lakukan untuk bisa mengatasi kejenuhan dan memberi tantangan barupada pekerjaan sehari-hari kita.

 

Apa saja contoh yang bisa kita lakukan? Simak nih!

 

1. Mencari tantangan baru

 

Kita bisa membuat target dan tujuan baru, agar pekerjaan yang kita lakukan sehari-hari tidak terasa datar dan ada tantangan baru yang harus diselesaikan. Mencari tantangan baru di sini bukan berarti kita harus mengganti pekerjaan atau bisnis yang sudah kita jalani. Kecuali kamu sudah benar-benar merasa kalau mencari pekerjaan baru adalah hal yang perlu dilakukan. Yang pasti, kita harus punya tekad yang kuat untuk mau keluar dari zona nyaman ini.

 

2. Evaluasi

 

Kita perlu mengevaluasi apakah pekerjaan yang kita lakukan saat ini sudah sesuai dan bisa mewujudkansemua target dalam hidup kita ke depannya. Jika tidak, kita bisa sesegera mungkin merencanakan perubahan dalam diri kita. 

 

3. Mulai lakukan perubahan kecil

 

Cobalah untuk melakukan perubahan mulai dari hal-hal kecil dalam keseharian kita. Bisa mulai dari mengubah gaya berpakaian, mengganti potongan rambut, mengeksplor jalan-jalan lain menuju sekolah atau kantor, dan kebiasaan-kebiasaan rutin lainnya. Hal ini bisa mendatangkan suasana baru agar kita tidak merasa bosan. Dan lewat perubahan-perubahan kecil ini kita akan terlatih dan menjadi siap ketika harus menghadapi perubahan besar dalam kehidupan.

 

4. Coba hobi baru

 

Melakukan hobi adalah cara refreshing paling ampuh untuk memberi kita semangat baru. Agar lebih seru, kita bisa mencoba hobi-hobi baru yang menarik dan belum pernah kita lakukan sebelumnya. Kita bisa mencoba ngulik sepeda, bercocok tanam, memasak, memelihara ikan hias, bermain games, atau hobi-hobi yang lagi ngetren lainnya. Segala perlengkapan penunjang hobi ini bisa kita dapatkan di market place. Jadi kita tidak perlu repot-repot keluar rumah untuk mencarinya.

 

5. Perluas jaringan

 

Memperluas networking sangatlah penting untuk dilakukan. Hal ini bisa meningkatkan wawasan kita, dan lebih lagi, bisa memperbesar peluang kita untuk mendapatkan kesempatan baru di luar sana.

 

6. Tetap optimis

 

Setiap perubahan pasti butuh proses, dan ini harus kita jalani dengan optimis agar kita bisa lebih maju dan berkembang lagi. Buang jauh-jauh rasa takut dan khawatir, dan bangun rasa percaya diri yang kuat, demi kesuksesan kita kelak. 

 

 

Itu beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk melakukan perubahan dan keluar dari zona nyaman. Hidup adalah pilihan, apapun itu, untuk mencapai kesuksesan, yang pasti kita harus melakukannya dengan penuh konsistensi dan keyakinan diri. Nyaman atau tidak semua tergantung mindset kita. Ingat, nyaman itu relatif dan perubahan itu pasti. (Erick)

 

Diskusi

(*) Berkomentarlah secara bijaksana. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Kita mulai diskusi yuk! Berkomentar bebas tapi sopan ya