4 Cara Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

4 Cara Menjaga Kesehatan di Musim Hujan


Di musim hujan seperti ini, kita perlu lebih ekstra lagi untuk menjaga kesehatan tubuh. Meski sebenarnya penyakit yang dipicu oleh virus, bakteri, ataupun kelelahan tidak mengenal musim, namun cuaca dan temperatur udara yang tidak menentu menjadi tantangan tersendiri. 

 

Untuk itu, kita perlu untuk menjaga agar daya tahan tubuh kita tetap stabil agar bisa bertahan dari serangan bakteri, virus, dan parasit sehingga kita tidak jatuh sakit dan bisa tetap produktif.

 

Menjaga kesehatan tubuh di musim hujan sebenarnya dapat dilakukan dengan cara yang sederhana. Apa saja yang yang kira-kira bisa kita lakukan? Disimak yah, Teman Kelaskita.  

 

 

1. Sedia payung dan jaket

 

Dua benda ini wajib kita bawa selama musim hujan. Payung lipat bisa jadi pilihan praktis dan mudah dimasukkan ke dalam tas, dan untuk jaket, pilihlah yang memiliki tudung/ hoodie dan berbahan parasut anti air. 

 

 

2. Konsumsi makanan dan minuman sehat

 

Konsumsilah makanan yang bergizi dan kaya nutrisi. Menambah porsi sayur dan buah dalam makanan kita sehari-hari juga sangat baik. Jangan lupa juga untuk memperhatikan kebersihan makanan dan minuman yang kita konsumsi. Selain itu, pastikan juga agar tubuh kita tetap terhidrasi dengan baik. Disarankan untuk kita minum sedikitnya 8 gelas per hari. Kondisi tubuh yang terhidrasi dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh.

 


3. Berolahraga

 

Berolahraga dan beraktivitas fisik sangat penting untuk menjaga imun dan kesehatan tubuh kita di musim hujan. Olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah, sehingga mendukung daya tahan tubuh bekerja sebagaimana mestinya. Tidak perlu olahraga berat, olahraga ringan seperti jogging selama 30 menit sehari sudah cukup untuk menjaga daya tahun tubuh kita. 

 

 

4. Konsumsi vitamin

 

Jika tubuh kekurangan mikronutrien seperti zinc, selenium, zat besi, asam folat, serta vitamin A, B6, C, dan E, bisa memengaruhi penurunan daya tahan tubuh dan memudahkan penyakit mampir ke tubuh kita. Selain dari makanan bernutrisi tinggi, kita bisa mendapat asupan ini dari suplemen multivitamin, yang baik kita konsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh kita di musim hujan.

 

 

Itu dia beberapa kiat untuk menjaga tubuh kita tetap fit selama musim hujan. Jika di lingkungan sekitar kita ada yang sakit seperti terkena flu, pastikan agar kita semua menggunakan masker untuk mencegah terjadinya penularan. Penyakit seperti ini sangat mudah menular di musim hujan meskipun tubuh kita sedang sehat. Tetap fit dan sehat selalu ya! (Erick)

Diskusi

(*) Berkomentarlah secara bijaksana. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Kita mulai diskusi yuk! Berkomentar bebas tapi sopan ya