5 Cara Meningkatkan Imun Tubuh

5 Cara Meningkatkan Imun Tubuh


Di masa pandemi seperti saat ini, menjaga imun tubuh kita sangatlah penting. Karena tubuh yang memiliki sistem imun tubuh yang kuat, bisa lebih mudah melawan serangan bakteri atau infeksi virus, termasuk virus COVID-19.

 

Lantas, apa saja yang bisa kita lakukan untuk bisa meningkatkan imun tubuh kita? Coba disimak beberapa hal berikut ini: 

 

1. Menjaga berat badan ideal

 

Sebisa mungkin, kita harus menjaga berat badan ideal. Jika saat ini kita masih mengalami obesitas, menurunkan berat badan sangat disarankan karena bisa membuat badan lebih fit, bergerak lebih enteng, hingga bermanfaat untuk meningkatkan imun tubuh.

 

2. Tidur cukup

 

Beberapa penelitian menyebutkan kalau kurang tidur menyebabkan sistem imun tubuh menurun. Kurang tidur bisa menurunkan fungsi sel, meningkatkan respons inflamasi, dan mengurangi produksi antibodi.

 

3. Kurangi stres

 

Cara meningkatkan imun tubuh bisa kita lakukan dengan mengurangi atau mengelola stres dengan baik. Cobalah untuk mencari cara pengelolaan stres yang sesuai dengan kondisi kita. Misalnya melakukanolahraga, meditasi, yoga, atau kegiatan menyenangkan lainnya.

 

4. Konsumsi makanan bergizi

 

Mengonsumsi banyak makanan bergizi, seperti buah dan sayur, penting untuk meningkatkan imun tubuh. Jenis makanan itu bisa mencukupi kebutuhan antioksidan tubuh dan nutrisi yang kita dapat dari makanan ini akan membuat sistem imun tubuh meningkat.

 

5. Olahraga

 

Rutin melakukan olahraga bisa jadi cara meningkatkan imun tubuh. Hal ini dikarenakan dengan menggerakkan tubuh, aliran darah di dalam tubuh akan lebih lancar, detak jantung akan lebih teratur, dan bisa meredakan stres yang melanda.

 

 

Itu dia 5 hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga imun tubuh kita agar tetap kuat dan melindungi tubuh kita dari serangan virus-virus berbahaya. Tetap jaga kesehatan ya, Teman Kelaskita. (Erick)

Diskusi

(*) Berkomentarlah secara bijaksana. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

Dean Rizki

Dean Rizki
24 Feb 2021
artikel ini sangat membantu. terimakasih.