6 Vitamin dan Mineral untuk Tingkatkan Imunitas
Kesehatan

6 Vitamin dan Mineral untuk Tingkatkan Imunitas

Untuk meningkatkan imun tubuh, ada beberapa jenis vitamin dan mineral yang perlu kita konsumsi. Apa saja? Coba disimak ya, Teman Kelaskita.

Di masa pandemi yang masih berlangsung hingga saat ini, meningkatkan imun alias daya tahan tubuh kita sangatlah penting. 

 

Tentu banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imunitas kita. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi berbagai vitamin dan mineral, yang masing-masing memiliki fungsi berbeda-beda. Apa saja jenisnya? Coba disimak ya!

 

1. Vitamin A

 

Selama ini mungkin kita hanya tau kalau vitamin A bagus untuk mata. Padahal, vitamin A juga berperan penting dalam menjaga sistem imun tubuh, terutama dalam hal pembentukan sel darah putih. Sel darah inilah yang berfungsi melawan dan memberantas bakteri atau virus di dalam tubuh kita. 

 

Untuk mendapatkan vitamin A, kita bisa mengonsumsi buah dan sayuran berwarna terang seperti wortel, brokoli, labu, tomat, atau semangka. Selain itu vitamin A juga bisa kita peroleh dari hati sapi dan ubi jalar (dengan kulit).

  

2. Vitamin B

 

Vitamin B ini memiliki peranan yang penting bagi produksi energi, menunjang metabolisme tubuh, dan memelihara kesehatan ibu dan janin dalam kehamilan. Selain itu, vitamin B dipercaya mampu menjaga kekebalan tubuh seseorang agar tetap berada pada kondisi terbaik.

 

Vitamin B bisa kita peroleh dari biji-bijian, kacang-kacangan, susu dan produk olahannya, paprika, brokoli, tomat, tuna, bawang putih, daging ayam, juga ikan.

 

3. Vitamin C

 

Kekurangan vitamin C bisa membuat tubuh kita rentan terhadap penyakit. Pasalnya, Vitamin C ini berkhasiat untuk meningkatkan kadar antibodi (zat pembentuk kekebalan tubuh) sehingga memperbaiki respons kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin yang memiliki efek antioksidan ini juga membantu penyembuhan luka dan mengoptimalkan aktivitas sel darah putih. 

 

Vitamin C ini bisa kita peroleh dengan mengonsumsi paprika, stroberi, bayam, brokoli, kiwi, mangga, dan buah jeruk.

 

4. Vitamin D3

 

Studi menunjukkan bahwa vitamin D3 berperan dalam memicu dan memperkuat sistem kekebalan tubuh serta membantu melawan infeksi.

 

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin D3 ini, selain berjemur di bawah matahari pagi, kita bisa menambahkannya dari makanan seperti minyak ikan, telur, ikan salmon, sereal, margarin yang diperkaya vitamin D, atau dari suplemen vitamin D3. Namun jangan berlebihan mengonsumsi vitamin D3 ini ya, Teman Kelaskita. 

 

5. Vitamin E

 

Vitamin E merupakan salah satu jenis antioksidan dan memiliki peran penting dalam melindungi kelenjar timus dan memperkuat sel darah putih dalam melawan infeksi.

 

Keberadaan vitamin E penting bagi sistem kekebalan terutama ketika tubuh mendapat serangan penyakit kronis akibat virus serta kerusakan sel tubuh yang diakibatkan oleh radikal bebas. 

 

Kacang-kacangan dan biji-bijian mentah, seperti biji bunga matahari, kacang tanah, kacang almond, papaya, alpukat, dan bayam adalah sumber vitamin E yang baik.

 

6. Zinc 

 

Zinc adalah mineral yang penting dalam pertumbuhan, perkembangan, dan kesehatan jaringan tubuh. Menurut European Journal of Immunology, asupan zinc dalam tubuh berguna untuk mengaktifkan sel T (limfosit T), yang bekerja mengendalikan respon imun dan menyerang sel yang membawa kuman penyebab penyakit. 

 

Itulah sebabnya, jika tubuh kekurangan asupan zinc, sistem imun pun akan ikut terganggu. Berbagai penelitian juga mengungkapkan bahwa suplemen zinc dapat melindungi tubuh dari infeksi saluran pernapasan.

 

Beberapa makanan yang mengandung zinc adalah daging merah, tiram, kacang-kacangan, produk susu, buncis, dll.

 

 

Makanan merupakan sumber vitamin daya tahan tubuh yang paling baik. Namun jika pola makan kita kurang sehat, maka kita bisa mengonsumsi suplemen untuk melengkapi kebutuhan tubuh kita. Untuk hasil optimal, sebaiknya kita berkonsultasi kepada dokter gizi mengenai cara pemakaian suplemen serta dosis aman dalam mengonsumsinya.

 

Selain mengonsumsi makanan sehat dan suplemen, agar sistem imun kita meningkat sebaiknya imbangi dengan olahraga teratur, istirahat yang cukup, menghindari rokok, melakukan pola hidup bersih dan sehat,berjemur di bawah sinar matahari pagi, dan jangan lupa untuk tetap menjalankan protokol kesehatan ya, Teman Kelaskita! (Erick, dari berbagai sumber)

 

 

 

Komentar

Kita mulai diskusi yuk!
Berkomentar bebas tapi sopan ya

Artikel Terpopuler

Hewan Peliharaan

Mengenal Jenis-jenis Ikan Cupang

Ikan cupang tren lagi. Yuk kenalan dengan beberapa jenisnya.

862
1

Fashion

5 Motif Batik Populer di Indonesia

Ini dia, salah satu kekayaan budaya Indonesia yang pesonanya sudah mendunia.

695
5

Keuangan

Yuk Kenalan dengan Bitcoin dan Cryptocurrency

Sudah sering dengar istilah Bitcoin? Sebenarnya, apa sih cryptocurrency itu?

641
1

Bisnis

Ide Bisnis Online di Masa Pandemi

Dengan modal mini, beberapa ide bisnis ini bisa dicoba untuk bertahan di masa pandemi.

556
4

Feng Shui

7 Tips Menata Kamar Tidur Menurut Feng Shui

Jika dilakukan, penataan ini dipercaya akan melancarkan energi baik untuk penghuninya.

537
4
Lihat Semua Artikel