7 Skill Wajib Seorang Data Scientist
Teknik Informasi

7 Skill Wajib Seorang Data Scientist

Ini dia beberapa skill yang harus dikuasai jika ingin menjadi seorang data scientist.

Profesi data scientist kian berkembang dan banyak dicari saat ini. Berbagai perusahaan menginginkan jasa seorang data scientist untuk memaksimalkan seluruh sumber daya informasi yang dimiliki untuk perkembangan bisnis mereka.

 

Sebab, dalam perkembangan dunia digital, data menjadi suatu yang sangat penting dalam menentukan langkah kemajuan bisnis berikutnya.

 

Teman Kelaskita ingin menjadi seorang data scientist? Ini beberapa skill yang harus dimiliki:

 

1. Memahami analisis statistik

Seorang data scientist wajib memiliki skill analisis statistik untuk perencanaan, perbaikan, serta pengawasan dalam mengidentifikasi permasalahan dan tindakan. 

 

2. Bisa programing

Kemampuan programing ini digunakan untuk mengatur dan membersihkan data yang tidak terstruktur dengan baik. Seorang data scientist andal, pasti mengerti cara menulis kode pemrograman.

 

3. Mengerti tools analisis

Seorang data scientist harus memiliki pemahaman yang mumpuni untuk menggunakan tools yang diperlukan agar dapat mempermudah dalam proses pengerjaan data. Memiliki kemampuan menggunakan berbagai tools data sains akan menjadi hard skill yang diunggulkan.

 

4. Paham data mining

Memahami teknik data mining seperti artificial intelligence (AI), machine learning, dan olah data statistiklainnya. Data scientist harus bisa memahami permasalahan yang ada dan bisa diselesaikan berdasarkan data yang tersedia. 

 

5. Memahami pola data

Memahami pola data artinya mengetahui dengan mudah keberadaan nilai di antara tumpukan data yang belum dijelajahi. Kemampuan ini dipercaya dapat membuat seorang data scientist melakukan pekerjaannya dengan lebih efisien.

 

6. Mampu menghadirkan solusi

Seorang data scientist harus dapat melakukan proses analisis data dengan menggunakan berbagai cara untuk mendapatkan solusi. Di sinilah, peran seorang data scientist amat diperlukan dalam mengelola data, ketelitian terhadap data yang diperlukan.

 

7. Memiliki sense bisnis

Kemampuan mencari solusi terbaik guna keberlangsungan bisnis perusahaan, akan menjadi salah satu poin utama seorang data scientist. Dalam bisnis, data scientist biasa bekerja dalam tim untuk mengumpulkan big data yang dapat digunakan untuk memprediksi pelanggan dan mengidentifikasi adanya peluang sumber pendapatan baru.

 

 

Itu dia beberapa skill yang harus kamu punya kalau ingin menjadi seorang data scientist. Teman Kelaskita ada yang ingin atau siap menjadi data scientist? (Erick)

Komentar

Kita mulai diskusi yuk!
Berkomentar bebas tapi sopan ya

Artikel Terpopuler

Hewan Peliharaan

Mengenal Jenis-jenis Ikan Cupang

Ikan cupang tren lagi. Yuk kenalan dengan beberapa jenisnya.

1060
1

Fashion

5 Motif Batik Populer di Indonesia

Ini dia, salah satu kekayaan budaya Indonesia yang pesonanya sudah mendunia.

966
5

Keuangan

Yuk Kenalan dengan Bitcoin dan Cryptocurrency

Sudah sering dengar istilah Bitcoin? Sebenarnya, apa sih cryptocurrency itu?

752
1

Bisnis

Ide Bisnis Online di Masa Pandemi

Dengan modal mini, beberapa ide bisnis ini bisa dicoba untuk bertahan di masa pandemi.

674
4

Feng Shui

7 Tips Menata Kamar Tidur Menurut Feng Shui

Jika dilakukan, penataan ini dipercaya akan melancarkan energi baik untuk penghuninya.

649
4
Lihat Semua Artikel