Berkenalan dengan Profesi Product Manager
Teknik Informasi

Berkenalan dengan Profesi Product Manager

Semakin banyak dicari, sebenarnya apa sih product manager itu?

Mungkin Teman Kelaskita ada yang masih belum familiar dengan profesi product manager. Padahal, profesi yang satu ini bisa dibilang sedang banyak diminati dan dicari oleh banyak perusahaan saat ini.

 

Sebenarnya, apa sih product manager itu? Product manager adalah suatu profesi yang bertugas untuk melakukan pengembangan produk mulai dari ide awal hingga bertanggung jawab atas keberhasilan produk tersebut.

 

Lebih dari itu, dia juga harus mengamati perkembangan ide tersebut sampai pada akhirnya produk yang diciptakan dapat dinikmati oleh user atau pelanggan hingga bisa meraih penjualan yang maksimal.

 

Secara umum, product manager mempunyai tanggung jawab yang sangat luas. Sebab, mereka berdiri di antara tiga pilar, yaitu teknologi, business, dan UX (user experience).

 

Dalam artian lain, seorang product manager setidaknya harus memahami dasar-dasar dari ketiga pilar tersebut supaya dapat menjalankan tugas dengan baik.

 

Apa sih yang dilakukan seorang product manager?

 

Pada dasarnya tugas dari product manager adalah menjadi pemimpin tim dalam mengembangkan sebuah produk. Kepemimpinan seorang product manager ini bersifat lintas fungsional karena hampir bekerja dengan banyak orang, terutama dengan tim teknologi, business, dan user experience.

 

Secara garis besarnya, berikut ada beberapa tanggung jawab yang harus dilakukan oleh profesi ini:

 

-       mengetahui kebutuhan pelanggan lewat riset pasar

-       mengembangkan ide produk dan menilai ide-ide tersebut untuk keberlangsungan pasar

-       berkomunikasi dengan tim sales, marketing, teknologi, dan produk dalam melangsungkan proses pengembangan produk

-       membuat perkiraan dan analisis penjualan produk jangka panjang dan jangka pendek

-       menentukan harga produk sesuai dengan penelitian pasar, biaya produk, dan perkiraan permintaan produk

-       membawa produk baru ke pasar lewat analisis pengembalian investasi

 

Lantas, skill apa yang harus dimiliki oleh seorang product manager?

 

Ada banyak sekali skill yang harus dimiliki oleh profesi yang satu ini. Dalam hal ini, berikut adalah beberapa soft skill dan hard skill dari seorang product manager:

 

1. Komunikasi

Skill komunikasi yang efektif penting untuk dimiliki oleh seorang product manager. Sebab, profesi ini akan berkomunikasi dengan berbagai tim, seperti tim pemasaran, produk, keuangan, desain, hingga teknologi.

 

2. Riset dan analisis

Salah satu tugas dari product manager adalah untuk menganalisis perkembangan produk serta melakukan riset terhadap pasar. Dengan begitu, penting  untuk memiliki kemampuan riset dan analisis yang kuat.

 

Tanpa adanya kemampuan riset dan analisis yang kuat besar kemungkinan seorang product manager akan sulit untuk membuat product roadmap yang sangat bagus dan berakibat kurang baik terhadap perkembangan produk dari suatu perusahaan.

 

3. Strategic thinking

Strategic thinking atau pemikiran strategis juga sangat penting untuk dimiliki. Profesi ini harus memikirkan kira-kira berapa banyak waktu yang diperlukan dalam setiap tahap produksi.

 

Tidak hanya itu, ia harus pandai dalam merumuskan strategi untuk mengendalikan biaya dan mengelola risiko di sepanjang jalannya produksi. Product manager harus bekerja dengan penuh kehati-hatian lewat strategi yang mereka bangun dari awal hingga akhir produksi. Dengan begitu, penting untuk memiliki kemampuan pemikiran strategis yang kuat agar tidak salah langkah.

 

4. User experience

Tidak hanya melakukan riset pasar saja. Sebisa mungkin profesi ini harus dekat dengan user atau pengguna.Sebab, tugasnya tidak hanya berhenti ketika produk sudah diterima oleh user. Dia harus mengumpulkan feedback dari user setelah menggunakan produk atau layanan.

 

Hal tersebut dilakukan supaya user tetap loyal dengan produk yang sudah dibuat.

 

Untuk mengetahui user experience dapat menggunakan pendekatan dengan berbagai cara. Sebagai contoh, membuat survei online untuk user atau membaca beragam laporan analisis yang sudah ada.

 

Selain skill-skill di atas, pengetahuan yang harus diselami oleh product manager adalah:

 

1. Pengetahuan dasar bisnis

Tidak perlu gelar sarjana bisnis atau keuangan untuk menjadi seorang product manager. Akan tetapi, penting untuk mengetahui dasar-dasar bisnis karena profesi ini akan bersinggungan langsung dengan istilah-istilah bisnis.

 

2. Pengetahuan dasar ekonomi

Selain pengetahuan bisnis, penting juga untuk mengetahui dasar-dasar ekonomi. Sebab, nantinya dalam keberlangsungan pengembangan produk ada berbagai masalah terkait ekonomi, seperti banyaknya permintaan produk, kurangnya anggaran, dan sebagainya.

 

3. Pengetahuan dasar teknologi

Karena profesi ini juga bersinggungan dengan tim teknologi, ada baiknya untuk mempelajari dasar-dasar dari codingprogramming, dan sejenisnya.

 

 

Itu dia penjelasan singkat mengenai product manager beserta tanggung jawab dan skill yang harus dimiliki. Pada dasarnya product manager adalah seseorang yang bertugas dalam pengembangan produk dari awal hingga akhir.

 

Kira-kira Teman Kelaskita ada yang tertarik untuk jadi product manager nggak nih? (Erick)

Komentar

Kita mulai diskusi yuk!
Berkomentar bebas tapi sopan ya

Artikel Terpopuler

Hewan Peliharaan

Mengenal Jenis-jenis Ikan Cupang

Ikan cupang tren lagi. Yuk kenalan dengan beberapa jenisnya.

1061
1

Fashion

5 Motif Batik Populer di Indonesia

Ini dia, salah satu kekayaan budaya Indonesia yang pesonanya sudah mendunia.

966
5

Keuangan

Yuk Kenalan dengan Bitcoin dan Cryptocurrency

Sudah sering dengar istilah Bitcoin? Sebenarnya, apa sih cryptocurrency itu?

752
1

Bisnis

Ide Bisnis Online di Masa Pandemi

Dengan modal mini, beberapa ide bisnis ini bisa dicoba untuk bertahan di masa pandemi.

674
4

Feng Shui

7 Tips Menata Kamar Tidur Menurut Feng Shui

Jika dilakukan, penataan ini dipercaya akan melancarkan energi baik untuk penghuninya.

649
4
Lihat Semua Artikel