Belakangan ini, hobi memelihara ikan hias air tawar tren kembali. Salah satu yang jadi primadona adalah ikan cupang atau Betta sp. Ikan berukuran kecil ini terkenal karena bentuk dan warnanya yang memikat.

 

Selain cantik, nilai plus dari ikan cupang ini adalah relatif gampang dipelihara. Namun, satu hal yang perlu diingat, karena karakternya yang sangat agresif, memelihara ikan ini harus menggunakan wadah terpisah dan tidak bisa disatukan dalam satu aquarium dengan ikan lain. 

 

Tertarik pelihara ikan cupang? Yuk kenalan dengan beberapa jenis ikan cupang yang ada. 

 

1. Cupang plakat


 

Ini salah satu cupang yang paling umum dikoleksi. Meski awalnya ikan ini merupakan ikan aduan atau petarung, tapi tampilannya tetap tidak kalah cantik dengan ikan cupang jenis lainnya. Warna dan bentuk body-nya sangat menarik, gerakannya juga lincah. Berkat eksperimen persilangan atar jenis oleh para breeder, ikan cupang plakat saat ini memiliki jenis yang sangat beragam sesuai dengan warnanya. Mulai dari plakat koi, plakat nemo, fancy, sampai dengan multicolor.


 

2. Cupang Halfmoon


 


Cupang halfmoon terkenal karena bentuknya yang cantik dengan ekor lebar berbentuk setengah lingkaran, sehingga menyerupai setengah bulan. Jenis ikan ini juga ada yang memiliki sirip dayung berukuran besar yang disebut big ear atau dumbo ear. Kombinasi warna di ikan ini juga menarik-menarik.

 


3. Cupang Double Tail



Ikan cupang ini juga punya bentuk ekor yang unik, sekaligus dibalut warna yang cantik. Tidak seperti jenis cupang lainnya, cupang double tail punya ekor bercabang, seperti ada dua. Karena bentuknya yang unik ini, tidak sedikit pengoleksi yang mencari cupang double tail.

 


4. Ikan cupang giant


 

Cupang jenis giant umumnya berbentuk seperti plakat, hanya saja mempunyai ukuran badan yang lebih besar dari ikan cupang pda umumnya. Ikan jenis ini bisa mencapai ukuran 7 – 8 cm. Ini dihitung hanya ukuran badan, tidak termasuk ekor.


 

5. Ikan cupang Crowntail

 


Berikutnya adalah cupang Crowntail atau dikenal juga dengan nama cupang serit. Ciri khas ikan ini ada di sirip dan ekornya yang seperti sobek-sobek. Karena penampakannya yang unik, ikan jenis ini cukup menarik untuk dijadikan salah satu ikan hias di rumah. 


 

6. Cupang Rosetail



Cupang Rosetail mirip dengan HM atau setengah bulan ekstrim, sehingga penyebaran sirip ekornya bisa 180 derajat atau lebih. Perbedaannya adalah seritnya memiliki percabangan yang berlebihan, yang memberikan tampilan yang lebih acak ke ujung ekor, mirip dengan kelopak bunga mawar (karena itulah dinamai ekor mawar).

 

Jika ada jumlah percabangan yang lebih besar dari biasanya (bahkan untuk ukuran rosetail) yang memberikan efek acak-acakan ekstrim dan tampilan sedikit zig-zag, maka ini disebut sebagai feathertail.

 

 

Itu dia beberapa jenis ikan cupang berdasarkan bentuk badan atau ekornya. Apapun jenisnya, yang pasti semua ikan cupang ini punya keunikannya masing-masing yang sangat menarik untuk dikoleksi. Bagaimana, penasaran ingin memelihara? Langsung saja dipilih yang sesuai dengan selera. (Erick)