Dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat, kegiatan jual-beli apapun saat ini bisa dilakukan secara online, termasuk membeli tanaman hias. Mulai dari Monstera, Philodendron, Aglaonema, Alocasia, dan tanaman hias populer lainnya bisa kamu dapatkan dengan mudah di berbagai platform e-commerce maupun akun sosial media.

 

Namun, membeli tanaman hias secara online mungkin tidak senyaman jika dibandingkan dengan membeli langsung, karena ada perasaan was-was khawatir tertipu. Nah, agar tidak tertipu saat membeli tanaman secara online, simak beberapa tips berikut ini:

 

 

1.    Pilih seller terpercaya

 

Pilihlah seller kredibel, yang terpercaya dan memiliki rekomendasi bagus. Untuk memastikannya, kita bisa melihat rekam jejak seller tersebut. Sebelum membeli tanaman incaran, sebaiknya kita kontak terlebih dahulu seller tersebut. Kita bisa bertanya detail tanaman yang ingin kita beli, sekalian menilai bagaimana sellermerespon kita. Dengan begitu, kita akan merasa nyaman dan aman saat bertransaksi.

 

 

2.    Periksa rating toko

 

Setiap toko atau pedagang yang berjualan di marketplace, biasanya tercantum penilaian dari para pembeli. Usahakan cari toko yang rating-nya bagus dan memiliki tanggapan positif dari pembelinya. Karena kita bisa menilai reputasi penjual dari sini. 

 

 

3.    Baca deskripsi, ulasan, dan lihat foto produk

 

Bacalah deskripsi dan ulasan sebelum membeli tanaman yang kita inginkan. Hal ini untuk memastikan apakah tanaman tersebut sesuai dengan keinginan kita. Jangan lupa untuk mengecek dan memperhatikan foto-foto produk yang dijual. 

 

Tidak ada salahnya juga untuk kamu meminta kembali foto asli dari tanaman yang mau kamu beli. Hal ini bertujuan agar kamu tidak merasa dirugikan apabila tanaman hias yang kamu beli tampilannya berbeda jauh dengan yang ada di foto posting-an. 

 

 

4. Gunakan metode pembayaran aman

 

Usahakan untuk bertransaksi menggunakan sistem pembayaran resmi di marketplace. Sebisa mungkin hindari transfer langsung ke rekening seller yang belum kita kenal. Pembayaran melalui marketplace juga lebih menguntungkan karena banyaknya pilihan metode pembayaran. Mulai dari debit, kartu kredit, transfer virtual account, hingga saldo dompet digital.

 

 

Itu dia beberapa tips belanja tanaman online agar tetap aman dan terhindar dari penipuan. Selamat berbelanja! (Erick)

 

 

Baca juga: 5 Tips Merawat Tanaman Hias Zebra