Anak yang aktif bergerak dan bermain terkadang membuat orang tua merasa was-was saat di rumah. Hal initentu membuat orang tua perlu memiliki strategi yang aman agar anak tidak terluka atau terjadi hal yang tidak diinginkan, terutama saat bermain di dalam rumah.

 

Setidaknya ada 4 tips keamanan yang bisa dilakukan orang tua untuk menjaga dan melindungi anak-anak di rumah.

 

 

1. Jauhkan cairan dan bahan berbahaya

 

Jauhkan bahan pembersih rumah tangga seperti deterjen, disinfektan, atau hal lain yang mengandung bahan kimia dari jangkauan anak-anak. Simpanlah di tempat yang tidak terjangkau, seperti di dalam lemari yang terkunci. Selain bahan pembersih rumah tangga, hindari juga kosmetik, perlengkapan mandi, dan botol obat yang mudah dijangkau. 

 

 

2. Awasi saat bermain air

 

Anak-anak senang bermain air. Apalagi saat mereka berenang di kolam renang. Jangan biarkan dia sendiri di tempat seperti itu. Tanpa pengawasan Anda, mungkin saja dia akan tenggelam.

 

 

3. Jauhkan dari api

 

Anak-anak selalu punya tingkat keingintahuan yang tinggi. Termasuk saat melihat api. Oleh karena itu, jangan coba-coba menaruh barang yang bisa menghasilkan api dekat dengan anak-anak bermain. 

 

 

4. Jauhkan benda-benda kecil

 

Di masa pertumbuhan gigi, anak-anak rasanya akan memakan apa saja, termasuk benda-benda kecil yang ia temui di hadapannya. Oleh karena itu sebagai orang tua, Anda lebih baik menjauhkan segala benda-benda kecil yang mengkhawatirkan akan dimakan anak Anda karena berisiko tersedak. Benda-benda tersebut seperti permen, kacang, mainan, koin, dan banyak lagi.

 

 

Itu dia 4 tips untuk menjaga anak selama di rumah. Yang pasti, jangan lupa untuk kita menyiapkan kotak P3Kjika sewaktu-waktu anak terluka. Memasang cctv dan alarm kebakaran di rumah juga bisa jadi langkah baik yang bisa dilakukan untuk berjaga-jaga. (Erick)