Camping atau berkemah bisa menjadi alternatif kegiatan seru di akhir pekan yang bisa kita lakukan. Setelah penat melakukan rutinitas harian, pergi camping bersama keluarga dan teman akan sangat asyik dan menyenangkan.

 

Selain menikmati alam, camping juga bisa bermanfaat bagi kesehatan tubuh karena akan melatih fisik dan mental. Kita bisa memilih lokasi di camping ground yang umumnya ada di kawasan pegunungan atau di tepi pantai.

 

Agar camping kita berjalan dengan lancar, kita perlu mempersiapkan beberapa kebutuhan. Nah, berikut ini ada beberapa tips yang perlu dilakukan buat yang ingin mencoba camping untuk pertama kali. Disimak ya!

 

 

1. Memilih lokasi camping

 

Memilih lokasi camping adalah hal yang paling penting. Carilahlah lokasi yang mudah terjangkau dan memiliki akses jalan yang mudah untuk dilewati kendaraan. Kita bisa mencari tau pilihan-pilihan lokasi camping ini via youtube.

 

Untuk pertama kali, kita bisa memilih lokasi camping ground yang memang sudah didesain untuk aktivitas berkemah. Dengan begini, kita tidak perlu khawatir karena sudah tersedia infrastruktur yang mumpuni, seperti toilet, listrik, dan warung makan.

 

 

2. Menyiapkan perlengkapan

 

Ada beberapa perlengkapan yang harus kita siapkan sebelum berangkat camping. Yang paling basic adalah tenda, matras untuk alas tidur di dalam tenda, selimut dan baju hangat, jas hujan, perbekalan logistik dan makanan-minuman, korek api, alat masak dan alat makan, serta alat penerangan.

 

Tapi tenang, saat ini semua peralatan camping bisa disewa. Bahkan di beberapa camping ground, kita bisa menyewa tenda komplit dengan kasur, bantal, dan selimut. Jadi kita cukup bawa perlengkapan pribadi seperti pakaian dan obat-obatan.

 

 

3. Cari spot mendirikan tenda yang strategis

 

Memilih spot yang strategis dalam mendirikan tenda juga penting banget. Misalnya pemadangan sekitar bagus, area rata, dekat dengan pohon, dekat dengan toilet dan warung, tidak terlalu berdekatan dengan tenda rombongan lain, dan lain sebagainya

 

Setiap camping ground pasti memiliki spot-spot favorit. Kita bisa datang lebih pagi untuk mendapatkan spotini, atau booking lokasinya dengan petugas di lokasi camping. 

 

 

4. Hindari musim hujan

 

Cuaca memang tidak bisa ditebak. Namun untuk pertama kali, pilihlah waktu berkemah di saat musim kering, karena camping akan lebih berat tantangannya jika terjadi hujan lebat. 

 

 

5. Jaga kebersihan dan ketertiban

 

Ini penting banget. Kita harus menjaga kebersihan alam sekitar kita camping. Jangan lupa untuk membawa plastik untuk mengumpulkan sampah-sampah yang kita hasilkan untuk kita buang di tempatnya. Jangan nyampah dan mengotori tempat kita berkemah.

 

Satu hal lagi, kita juga perlu menjaga ketertiban. Kita juga harus memerhatikan rombongan camping lainnya. Jangan, misalnya, kita menyetel musik keras-keras sampai larut malam, yang bisa mengganggu tenda sekitar. 

 

 

Itu dia beberapa tips sederhana untuk Teman Kelaskita yang ingin mencoba camping untuk pertama kalinya. Selamat mencoba dan rasakan langsung sensasi serunya berkemah di alam terbuka. Dijamin nagih! (Erick)