Investasi Bitcoin atau cryptocurrency lagi ramai banget diomongin belakangan ini. Apalagi kalau bukan karena nilainya yang terus melonjak tinggi. Bahkan, lewat twit-twitnya, bos Tesla, Elon Musk, juga terang-terangan ikut mendukung mata uang digital ini.

 

Untuk yang belum tau, cryptocurrency alias mata uang kripto adalah aset digital yang dirancang untuk bekerja sebagai media pertukaran yang menggunakan kriptografi yang kuat untuk mengamankan transaksi keuangan, mengontrol penciptaan unit tambahan, dan memverifikasi transfer aset. 

 

Gampangnya, ini adalah mata uang digital yang dipakai untuk bertransaksi virtual dalam jaringan internet.

 

Nah, kalau Teman Kelaskita penasaran dan ingin coba berinvestasi cryptocurrency ini, berikut ini ada beberapa tips yang bisa diperhatikan:

 

1. Pahami

 

Pertama, lakukan riset mengenai Bitcoin, cara kerjanya, hingga keuntungan atau risiko yang ada di aset tersebut. Bitcoin dan Cryptocurrency memang memberikan peluang investasi cemerlang tetapi juga berisiko. 

 

2. Gunakan uang dingin

 

Pastikan kita menggunakan “uang dingin” dalam berinvestasi cryptocurrency ini. Uang dingin ini artinya uang ini bukan uang pengeluaran sehari-hari dan tidak akan kita pakai dalam waktu dekat. Jangan pernah menggunakan uang pinjaman atau utang, apalagi uang yang bukan milik kita seperti uang arisan, uang perusahaan, dan lain sebagainya. Karena sekali lagi, coin-coin ini memiliki harga fluktuatif dan risiko cukup besar.

 

3. Riset

 

Ketiga, pelajari cara mendapatkan Bitcoin, dari cara menjual dan membeli Bitcoin, serta pilih platform termudah dan teraman untuk mulai membelinya. Saat ini, ada beberapa pilihan platform bisa dipilih. Silakan mencari tau kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

 

4. Mulai dari nominal kecil

 

Sebaiknya, mulailah investasi secara perlahan dengan jumlah kecil dan lihat bagaimana hasilnya sebelum meningkatkan investasi. 

 

5. Diversifikasi koin

Jenis coin di cryptocurrency ini ada banyak. Selain Bitcoin, ada koin lain yang bisa kita invest, seperti Litecoin, Etherium, BNB, Ripple, DOT, dan lainnya. Sebaiknya kita tidak berinvestasi hanya di satu jenis. Karena dengan melakukan diversifikasi, maka jika salah satu aset merugi masih ada aset lain yang bertahan.

 

 

Itu dia beberapa tips untuk berinvestasi cryptocurrency. Sekali lagi, jika ingin mencoba, pastikan Teman Kelaskita berinvestasi dengan uang yang memang tidak akan kita gunakan dalam waktu dekat. Karena kunci berinvestasi di cryptocurrency ini adalah menunggu momen nilai tukar aset kripto yang dimiliki mencapai harga tertinggi lalu dijual, dan dibeli lagi saat harganya jatuh. Jadi, jangan sampai kita harus menjual aset kita karena butuh uang, sementara saat itu nilai tukarnya sedang jatuh. Bijak-bijak dalam berinvestasi ya, Teman Kelaskita!(Erick)



Disclaimer: Investasi aset cryptocurrency merupakan jenis investasi berisiko tinggi. Pihak Kelaskita tidak bertanggung jawab atas kerugian langsung, tidak langsung, atau konsekuensial dari kompetisi trading. Harap lakukan investasi dengan bijak.