Melukis dengan cat air adalah salah satu kegiatan seni yang menyenangkan. Meski begitu, melukis menggunakan cat air ini membutuhkan teknik tersendiri yang harus kita kuasai. Kita perlu sering berlatih untuk akhirnya bisa menguasai teknik melukis dengan cat air ini dengan baik. 

 

Nah, kalau penasaran ingin mencoba, berikut ini ada beberapa tips melukis menggunakan cat air untuk pemula. Coba disimak ya! 

 

 

1. Pelajari karakter dan warna cat

 

Kita harus belajar mengenali dan membiasakan diri dengan karakter warna cat air ini. Di awal-awal, kita bisacoba mengetes warna di kertas lain sebelum kita menyapukannya di lukisan kita. Dengan cara ini kita akan tahu gelap terangnya. 

 

Warna cat air biasanya selalu lebih pekat saat masih basah dan lebih terang saat mengering. Selain mengurangi kadar air, jika menginginkan warna yang lebih pekat, kita bisa menambahkan lapisan baru pada lapisan pertama. Tentunya, kita harus banyak-banyak berlatih agar mahir. 

 

 

2. Mulai dari warna terang ke warna gelap

 

Saat melukis dengan cat air, kita bisa mewarnai lukisan kita mulai dari yang warna terang baru ke warn yang lebih gelap. Jangan takut untuk bereksperimen menggunakan warna gelap secara bertahap.

 

 

3. Gunakan kuas berkualitas

 

Seperti cat, kuas juga merupakan salah satu investasi dalam melukis. Kuas yang berkualitas akan membantu kita belajar melukis dengan baik daripada kuas murahan yang mudah renggang dan rontok. Dengan begini, kita akan bisa menghasilkan karya yang lebih maksimal. 

 

 

4. Gunakan kertas yang sesuai

 

Ada berbagai varian kertas cat air. Selain tingkat gramasi atau ketebalan, juga ada perbedaan di tekstur kertas, dan tingkat putih warnanya. Dua jenis kertas yang paling umum digunakan adalah cold press dan hot press. Dengan masing-masing karakter yang dimiliki, Teman Kelaskita sebaiknya coba bereksperimen dengan jenis-jenis kertas ini. 

 

Oh iya, makin tebal gramasi kertas yang kita gunakan, makin tidak mudah bergelombang kertas itu saat kita sapu dengan cat air yang banyak.

 

 

 

Itu dia beberapa info dasar mengenai melukis dengan cat air. Jika ingin mengetahui lebih dalam mengenai lukisan cat air ini, Teman Kelaskita bisa mengikuti kelas “Watercolor Painting” bersama Mohammad Taufiq alias Emte hanya di Kelaskita.

 

Di kelas ini, kamu akan dipandu untuk belajar melukis menggunakan cat air. Lebih dalam lagi, kamu akan belajar tentang karakteristik cat, jenis brush, palet warna, karakteristik kertas, dan tools tambahan lainnya. 

 

So, sudah siap untuk belajar melukis dengan cat air? Yuk ikuti kelasnya! (Erick)