Untuk membuat selai nanas untuk isian nastar yang ideal, dibutuhkan langkah-langkah khusus. Berikut ini beberapa tips untuk menghasilkan selai nanas yang enak dan bertekstur pas yang cocok untuk isian nastar. 

 

1. Pakai bonggol nanas 

 

Untuk membuat selai nanas untuk nastar, sebaiknya kita gunakan juga bonggol bagian tengah nanas. Bagian bonggol ini akan membuat tekstur selai tidak terlalu encer pada saat nanti mau jadi isian nastar. 

 

Untuk membuatnya, parutlah daging nanas dan bonggol nanas secara terpisah. Ini agar parutan daging dan bonggol bisa benar-benar halus. Sementara untuk proses pemasakan langsung satukan saja antara parutan bonggol dan daging. 

 

 

2. Pakai cengkeh

 

Kita juga bisa menambahkan cengkeh ke dalam campuran selai agar lebih wangi. Cukup gunakan sekitar dua atau tiga buah cengkeh saja, tidak perlu terlalu banyak. 

 

Sebagai perbandingan, jika kita menggunakan nanas 250 gram, tambahkan gula 150 gram, dan masukkan cengkeh sekitar tiga biji. Selain cengkeh, kita juga bisa menambahkan sedikit batang kayu manis, dan daun pandan untuk memperkaya rasa.

 

 

3. Tambahkan garam

 

Jangan lupa gunakan garam agar rasa gurih muncul dan rasa selai semakin seimbang. Jika tidak menggunakan garam, bisa jadi rasa nastar jadi terlalu manis. 

 

 

4. Gunakan sedikit cuka apel

 

JIka kita menggunakan nanas madu yang memang manis, kita bisa menambahkan apple cider atau cuka apel secukupnya untuk selai tersebut. Dengan begini, maka rasa manis dan asam dari selai akan lebih seimbang. 

 

 

5. Tambahkan sirup glukosa 

 

Tips lainnya yang bisa dilakukan adalah menambahkan sirup glukosa pada selai nanas ketika selainya sudah masak dan kering. Tujuan penambahan glukosa ini agar selai tetap lembab dan masih bisa dibentuk.

 

Sabagai patokan, kita bisa menggunakan perbandingan gula 10 persen dari jumlah nanas, dan sirup glukosa sekitar tujuh sampai delapan persen dari jumlah nanas ketika masih mentah dan sudah dihaluskan. 

 

 

6. Jangan pakai air 

 

Selanjutnya, jangan tambahkan air. Nanas sudah mengandung banyak air. Jika ditambahkan air akan mengurangi rasa nanasnya. 

 

 

7. Gunakan api sedang dan kecil

 

Kita cukup menggunakan api sedang selama proses memasak. Jika selai mulai terlihat membentuk karamel, baru kecilkan api. Dengan begitu selai tidak akan gosong, air akan benar-benar habis, dan hasil selai pun akan masak sempurna. 

 

 

8. Terus diaduk

 

Salah satu hal yang paling penting dalam proses memasak adalah kita harus terus mengaduk selai. Ketika parutan nanas dan gula pertama masuk ke dalam panci, langsung aduk perlahan agar gula benar-benar larut dengan parutan nanas. 

 

Ketika selai sudah terlihat membentuk karamel dan air mulai berkurang, kita harus terus mengaduknya agar tidak gosong. Terus aduk hingga selai terkaramelisasi. Selai yang berwarna coklat keemasan atau golden brown artinya sudah masak. Dinginkan selai lebih dulu, baru kemudian bentuk jadi bola-bola kecil untuk isian adonan nastar.

 

 

Itu dia tips cara membuat selai nanas yang pas untuk isian kue nastar kita. Selamat mencoba ya, Teman Kelaskita! (Erick)