Sebagai salah satu kegiatan untuk mengisi waktu luang, mengoleksi dan merawat tanaman hias, saat ini jadi favorit banyak orang. Banyaknya waktu yang dihabiskan untuk di rumah saja, menjadi salah satu faktor yang bikin hobi bertanam tanaman hias kembali populer.

 

Selain sebagai hiasan rumah yang mempercantik tampilan tempat tinggal, tanaman hias juga dapat membuat rumah jadi adem dan asri. Sejumlah tanaman hiaspun kerap dipilih untuk menyegarkan suasana.

 

Hal ini juga yang dilakukan oleh Laurent Kurniawan, salah seorang plant mom. Ini adalah istilah yang disematkan kepada seorang penghobi yang merawat banyak tanaman dengan sepenuh hati. Memulai hobi berkebun pada akhir 2018 lalu, Laurent mengaku kalau dia sangat menikmati kegiatan berkebun ini sampai sekarang.

 

“Awalnya hanya beli 1 pot kaktus besar, untuk mempercantik rumah. Tidak lama kemudian berbunga akhirnya mulai coba beli dan rawat tanaman lain. Ternyata sejalannya waktu akupun belajar banyak hal dari berkebun. Belajar untuk sabar, belajar untuk menghargai proses, dan ternyata berkebun itu benar-benar stress relief banget!” ujarnya.

 

Untuk yang baru ingin coba merawat tanaman hias, Laurent menyarankan bisa memulai dari sirih gading, zz plant, atau sansevieria. Karena tanaman ini cukup mudah perawatannya dan tidak diperlukan perhatian lebih dibanding tanaman lain.

 

“Monstera sebenarnya adalah salah satu tanaman yang tidak rewel menurut aku, hanya memang harganya terus naik saat ini,” tambahnya.

 

Lantas, apa saja yang perlu kita untuk menjaga agar tanaman hias kita bisa tumbuh sehat dan subur? Simak beberapa tips dari Laurent:

 

1. Kenali karakteristiknya

 

Setiap jenis tanaman hias memiliki karakteristik khas yang berbeda satu dengan lainnya. Kamu perlu mengetahui varietasnya, jenisnya, rekomendasi suhu, kelembapan, cahaya, air, dan juga metode perawatannya. Kamu bisa coba mencari informasinya secara online, karena saat ini sangat banyak yang suka share tips and trick juga pendapat mengenai tanaman hias via social media.

 

2. Perhatikan lokasi peletakan

 

Kita harus perhatikan lokasi peletakan tanaman tersebut. Apakah indoor atau kuat outdoor, apakah suka terang dan panas atau lebih suka teduh? Setiap tanaman pasti berbeda-beda treatment-nya.

 

3. Perhatikan media tanam 

 

Media tanam memiliki banyak jenis dan variasi dan kualitas media tanam juga menentukan cepat lambatnya tanaman pot berbunga dan berbuah. Jadi pastikan kita menggunakan kombinasi media tanam yang paling sesuai dengan tanaman kita. 

 

4. Jangan dibawa stress

 

Satu hal yang pasti, berkebun itu menyenangkan. Jadi jangan dibawa stress berlebihan pada saat merawat. Ikuti prosesnya, pelajari karakteristik masing-masing tanaman supaya tanaman happy tumbuh sebagaimana mestinya.

 

 

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa Teman Kelaskita lakukan untuk merawat tanaman hiasnya di rumah. Yang pasti, semua tips and trick perawatan tanaman ini tidaklah mutlak dan bisa disesuaikan dengan kondisi dan lokasi di masing-masing tempat. Tentunya setiap plantparent pasti punya pendapat masing-masingkembali bergantung dari lokasi peletakan tanaman tersebut. Jadi, nikmati saja segala prosesnya, dan selamat menanam! (Erick)