Buat Teman Kelaskita yang duduk di kelas 12, sesaat lagi akan masuk ke bangku perkuliahan. Ini artinya kamu harus menentukan jurusan yang akan diambil nanti. Pastikan jurusan ini sesuai dengan kemampuan dan minat kamu. Nah, agar tidak salah, berikut ini ada beberapa tips untuk memilih jurusan kuliah yang cocok denganmu. Silakan disimak ya!

 

 

1. Mengenal potensi diri 

 

Hal paling utama adalah kita harus mengenali dulu potensi diri, sebelum kita memutuskan ambil jurusan kuliah tertentu. Apakah potensi kita di bidang eksak, sosial, sastra, atau lainnya. Karena kalau jurusan yang diambil didasari dari kemampuan diri sendiri, aktivitas kuliah yang nantinya akan diambil tidak memberatkan. 

 

 

2. Sesuaikan passion 

 

Memilih jurusan kuliah juga harus sesuai passion atau hasrat. Namun, satu hal yang perlu diingat adalah passion yang dimiliki harus benar-benar kuat, bahkan menjadi salah satu hobi. Kalau passion sudah mengalahkan segalanya, belajar pun juga akan berjalan dengan penuh kegembiraan. Artinya, kamu akan enjoy kuliah di jurusan tersebut. 

 

 

3. Riset

 

Untuk meyakinkan dan memantapkan keputusan, kita sebaiknya melakukan riset kecil terkait dengan jurusandan kampus yang akan dipilih. Seperti mencari tahu lokasi kampus, mata kuliah, lulusan, biaya kuliah persemester, hingga profil dari jurusan. Hasil riset ini akan jadi pertimbangan kita nantinya.

 

Jangan lupa untuk buat daftar beberapa jurusan kuliah yang memang menarik dan sekiranya kita kita punya kemampuan di sana. Bandingkan satu demi satu jurusan itu untuk mendapatkan pilihan yang terbaik untuk kita.

 

 

4. Sesuaikan biaya kuliah 

 

Setiap jurusan kuliah memiliki biaya yang berbeda-beda. Misalnya antara jurusan ekonomi dan kedokteran, keduanya akan memiliki perbedaan biaya yang signifikan. Karenanya, pertimbangkan kondisi keuangan kita. 

 

Sebaiknya kita diskusi dahulu dengan keluarga mengenai jurusan yang akan diambil dan pertimbangan biayanya. Jalan lainnya adalah tentu dengan mencari beasiswa. 

 

 

5. Lihat peluang kerja 

 

Pasti setiap jurusan kuliah memiliki peluang pekerjaan masing-masing. Carilah jurusan yang sekiranya memiliki peluang pekerjaan cukup tinggi. 

 

 

6. Konsultasi

 

Jika kita benar-benar bingung dengan jurusan apa saja yang akan diambil, jangan segan-segan untuk berkonsultasi dengan guru, orangtua, kakak, senior, atau siapa saja yang lebih berpengalaman. Ingat, jangan sampai sampai kita milih jurusan hanya karena ikutan teman atau pacar, padahal jurusan itu tidak cocok dengan kita.

 

 

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu pertimbangkan sebelum memilih jurusan kuliah. Sebaiknya, pilih jurusan yang benar-benar sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuan kamu. Sekali lagi, jangan asal memilih hanya karena ikut-ikutan teman atau pacar, karena kalau ternyata jurusan itu tidak cocok, kamu akan berat menjalaninya. (Erick)