Teman Kelaskita beraktivitas harian menggunakan mobil pribadi? Kalau iya, jangan lupa untuk menjaga dan melakukan perawatan mobilnya secara berkala untuk menjaga performa kendaraan kita ya.

 

Selain servis teratur ke bengkel, ada beberapa hal sederhana yang bisa kita lakukan dan perhatikan guna menjaga kondisi mobil kita agar tetap optimal. Ada apa saja? Disimak ya!

 

 

1. Menggunakan bahan bakar berkualitas

 

Pilihlah bahan bakar tanpa timbal dengan pemilihan nilai oktan atau Research Octane Number (RON) yang telah direkomendasikan. Menggunakan bahan bakar dengan RON yang tepat dapat menjaga kebersihan ruang bakar mesin dan dan turut menjaga kebersihan lingkungan dari polusi.

 

 

2. Mengemudi Eco-driving

 

Ketika menyalakan mobil, kita perlu menunggu beberapa saat sampai semua lampu indikator di meter kombinasi padam, RPM stabil, baru kita hidupkan AC.

 

Saat berjalan, usahakan untuk berkendara sehalus mungkin. Hindari akselerasi dan pengereman mendadak serta jaga perpindahan gigi sesuai dengan torsi diperlukan dengan range RPM di putaran 2.000-3000.

 

 

3. Hindari penggunaan zat aditif pada bahan bakar

 

Ada banyak zat aditif untuk bahan bakar yang dijual di pasaran. Pada umumnya, zat aditif ini ditawarkan dengan tujuan meningkatkan nilai oktan untuk meningkatkan perfoma mesin dan mengurangi knocking. Tetapi zat aditif dapat mengandung bahan kimia yang tidak sesuai dengan kondisi mobil.

 

Bahkan, dalam jangka waktu tertentu dapat menyebabkan kerusakan pada tangki bensin, fuel pump dan mesin, juga dapat mengacaukan sistem kontrol emisi, sehingga emisi gas buang yang dihasilkan mobil tidak memenuhi regulasi standar.

 

 

Itu tiga tips sederhana yang bisa kita lakukan untuk menjaga performa mobil kita tetap optimal. Jangan lupa untuk selalu menerapkan safety driving ya, Teman Kelaskita! (Erick)