Loading...

Mengisi Materi

24 Feb 2016 14:11

Setelah kelas di buat tentunya kita bisa mulai mengisi kelas tersebut dengan materi pelajaran ataupun test yang sesuai dengan yang dikehendaki dari halaman di bawah ini:

Menambahkan Materi:

Ada beberapa tipe materi yang bisa kamu tambahkan ke dalam kelas yang baru saja kamu buat.

Text

Konten dengan tipe text memungkinkan kamu untuk menulis pelajaran layaknya membuat posting pada blog atau mengetik pada aplikasi office. Kamu dapat memasukkan gambar, quoted text, tautan menuju halaman internet lain, dan penulisan source code (untuk materi pemrograman). Seluruh hasil ketikkan kamu dapat dilihat terlebih dahulu (dipreview) secara otomatis pada area pratinjau, di bagian kanan area pengetikan. Tekan tombol Save untuk menyimpan materi yang sudah kamu ketik.

Video

Kamu dapat mengupload materi dalam bentuk video dari komputer ataupun memasang video dari YouTube. Untuk mengupload video dari komputer, tekan tombol Browse lalu cari lokasi video yang akan kamu upload. Namun jika video milik kamu sudah ada pada YouTube, kamu tinggal menekan tombol YouTube Video lalu salin tautan/url menuju video YouTube milik kamu. Tekan tombol Save untuk menambahkan video ke dalam pelajaran.

Audio

kamu dapat menambahkan konten pelajaran dengan format audio dengan memilih tipe konten audio pada pilihan tipe konten. Tekan timbol Browse lalu pilih file audio yang akan kamu upload. Tekan Save untuk menyimpan materi audio.

Tanya

Pilih tipe konten Tanya untuk menguji peserta belajar kamu dengan memberikan pertanyaan. Kamu dapat memberi soal pilihan gkamu atau soal isian. Secara default jenis pertanyaan yang diberikan adalah pilihan gkamu. Tulis pertanyaan yang ingin kamu ajukan lalu berikan juga pilihan jawabannya pada pilihan yang disediakan. Jangan lupa untuk menkamui pilihan jawaban yang benar. Sementara untuk menambahkan jawaban dengan tipe isian, pada bagian bawah layar tekan tombol Soal dengan tipe mencocokkan, kemudian silahkan tulis pertanyaan dan satu jawaban yang benar. Tekan Save untuk menyimpan pertanyaan yang kamu ajukan.

Test

Test dapat ditambahkan ke dalam pelajaran dengan cara menekan ikon Test pada pilihan konten. Kamu akan diminta untuk mengisi formulir mengenai informasi tes yang kamu buat seperti nama tes, tanggal dimulai dan diakhirinya tes, waktu pengerjaan per soal, serta pilihan tipe soal. Soal pilihan gkamu dan isian singkat seperti pada konten Tanya dapat digunakan pada test. Selain itu kamu juga dapat membuat test dengan tipe soal essay bahkan dengan pemberian tugas. Tekan Save untuk menyimpan. Pembahasan Test akan dijelaskan di pemabahasan berikutnya.

Tugas

kamu dapat memberikan tugas pada peserta kelas kamu dengan cara memilih konten Tugas pada pilihan pelajaran. Setelah kamu memilih ikon tugas, kamu akan diminta untuk mengisi form untuk keterangan tugas yang kamu berikan mulai dari judul tugas, topik, tanggal mulai dan tanggal dikumpulkan tugas. Kamu juga dapat menambahkan file untuk mendukung tugas yang kamu berikan. Tekan Save untuk menyimpan.

Dalam setiap konten pelajaran kamu dapat mengatur kapan pelajaran tersebut bisa diakses oleh peserta kelas dengan cara menekan tombol Set Time di bagian bawah layar saat kamu menambahkan konten pelajaran.

Panduan Terkait

Membuat Kelas
24 Feb 2016 13:27
Belajar di Kelas
10 Mar 2016 7:38
Bertanya di Kelas
10 Mar 2016 7:39
Keluar Kelas
10 Mar 2016 7:42
Mengikuti Kelas
14 Mar 2016 5:22
Mengerjakan Tugas
14 Mar 2016 5:24
Menjawab Quiz
14 Mar 2016 5:30
Buat Kampus
27 Apr 2016 5:50
kelaskita logo kecil
Install KelasKita Apps
GRATIS - di Google Play