Era Soekamto
Fashion Designer

Profil

Era Soekamto, perempuan kelahiran Lombok, 3 Mei 1976 ini dikenal sebagai perancang busana batik dan kebaya. Sejak kecil Era dibesarkan oleh keluarga yang mencintai budaya dan kain Indonesia. Ibunya adalah ibu rumah tangga yang mengoleksi kain dan sering menuturkan makna setiap kain yang tersimpan dalam lemarinya. Kini, Era menjadi sosok yang peduli, konsisten, dan melestarikan warisan budaya Indonesia, terutama budaya Jawa. Baginya, batik dan kebaya bukan hanya komoditas, tapi juga simbol perjuangan.

Era Soekamto menempuh pendidikannya di LaSalle College of the Arts, yang merupakan institusi seni dan desain pasca-sekolah menengah publik di Singapura. Setelah lulus, ia berkesempatan untuk mengajar di LaSalle College Jakarta, sebagai pengajar fashion design selama 9 tahun. Tak lama kemudian ia menjadi program director dan pengajar di Indonesia International Fashion institute pdaa tahun 2006-2008. Tak berhenti di sana, Era menjadi fashion designer dan creative director di PT Urban Crew Indonesia pada tahun 1997. Pada tahun 2012 ia dipercaya untuk menjadi Direktur Kreatif Iwan Tirta Private Collection.

Karya-karya telah Era buat berhasil meraih berbagai penghargaan, di antaranya adalah Runner Up Indonesia Young Designer Contest (Jakarta), Runner Up Asian Young Designer Contest (Singapore), dan Best Up-coming Designer by A+ Magazine.

Kelas Era Soekamto