Loading...

FOOD PREP

24 Apr 2018 13:40. Oleh

Halo teman belajar, udah pada tau belum apa itu food prep ? Untuk yang baru mendengar, food prep adalah teknik menyiapkan makanan dalam jumlah besar atau untuk beberapa hari. Tujuan saya food prep yaitu untuk penghematan, mempersingkat waktu memasak, dan tentunya untuk kesehatan. Diawali dengan belanja ke pasar pada pagi hari kemudian prepare bahan apa saja yang akan disiapkan. Terimakasih teh @miunmiunan yang menginspirasi saya untuk memulai foodprep.

Kali ini saya akan share, bahan makanan apa saja yang selalu ada di dalam kulkas saya.

  1. Daun Bawang. Banyak banget makanan yang enak dimasak menggunakan daun bawang, tapi suka sebel kalau daun bawang yang dibeli suka busuk padahal masih banyak. Berkat teh @miunmiunan aku mulai mencoba tips dan trik agar di daun bawang awet. Beli daun bawangnya sekali banyak, terus dipotong kecil-kecil sesuai kebutuhan, dipotongnya pada hari itu juga, dan dicuci dulu. Jangan lupa ditiriskan agar kering dulu ya. Terus disimpan dalam wadah kedap udara. Kemudian simpan di freezer.

  2. Wortel. Ini nih favorit saya. Bersihkan pada hari itu juga kemudian kupas dan potong sesuai dengan keinginan. Kalau saya sih potong kecil-kecil dadu. Pas lagi mau masak tinggal graup.

  3. Buncis. Buncis juga sama, cuci dan bersihkan dari seratnya. Kemudian potong kecil-kecil dan masukan dalam wadah. Buncis ini lebih enak graupnya, hehe.

  4. Jagung. Bersihkan jagung dari rambut-rambut nya dan untuk yang satu ini perlu waktu extra, saya pipilin jagung satu-satu pakai tangan. Terus masukin freezer.

  5. Brokoli. Sempat kesal dengan brokoli yang awalnya dibeli segar ternyata cepat berubah menguning. Kemudian cari-cari info biar si brokoli awet, ternyata banyak yang bilang disimpan di dalam freezer. Abis belanja, cuci bersih di brokolli kemudian potong kecil sesuai kebutuhan, batang nya juga dimasukin ya. Ini yang enak batangnya.

  6. Sambalado. Hehe, saya juga ini terinspirasi sama teh @miunmiunan. Saya sendiri suka pedes, tapi ga pedes-pedes banget. Suka hambar kalau makan ga ada rasa pedes nya. Disini saya nyimpen di cabe kriting yang udah digiling atau dihaluskan. Tapi cabenya di tumis dulu agar awet. Hehe.

Kebutuhan tiap dapur beda-beda dan saya disini untuk seminggu. Adanya foodprep membantu saya yang masih gadis dan anak kosan ini untuk penghematan dan makan sehat.


Bantu kami mencerdaskan Indonesia dengan membuat kelas atau quiz yang dapat diikuti oleh semua rakyat Indonesia

Buat Kelas Buat Quiz

Artikel Lainnya

Jerawat
Oleh 31 Mei 2018
Hari Kartini
Oleh 21 Apr 2018
Tiramisu
Oleh 17 Apr 2018

Share

Facebook Twitter gPlus

Sukai Halaman