Loading...
Vicy Adhani

GERBANG PEMBAYARAN NASIONAL

30 Mei 2018 16:10. Oleh Vicy Adhani

Mungkin untuk sebagian masyarakat masih belum mengetahui, apa itu gerbang pembayaran nasional ? Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) adalah suatu system yang sudah terintegrasi untuk semua transaksi dari berbagai bank penerbit kartu debit yang dimiliki oleh Indonesia.

Masih belum mengerti ? Hihi.. Gini... Pasti sudah tidak asing lagi kan dengan proses pembayaran menggunakan kartu debit yang berlogo Visa, MasterCard, JCB, UnionPay, dan lainnya ? Nah, pembayaran itu dilakukan secara Internasional dan dimiliki oleh asing. Sekarang Indonesia sendiri sudah memiliki sendiri dan itulah yang disebut GPN.

Gerbang Pembayaran Nasional adalah sistem yang memadukan berbagai kanal sistem pembayaran atau transaksi perbankan yang menjadi satu karena saling terhubung. Artinya, jika selama ini membayar dengan kartu debit harus menggunakan mesin EDC dari bank sama, dengan adanya GPN ini, maka jenis kartu debit apapun bisa digesekkan pada semua mesin EDC dari berbagai macam bank.

Jika kita bertransaksi menggunakan kartu debit dan dilakukan di mesin EDC bank lain, makan akan dikenakan biaya 2-3% dari transaksi, hal ini dikarenakan masih menggunakan jasa pemrosesannya secara Internasional yaitu menggunakan Visa, Mastercard ataupun lainnya. Nah, dengan adanya GPN ini, prosesnya akan di lakukan di dalam negeri maka otomatis akan mengurangi biaya transaksi bila menggunakan mesin EDC yang berbeda.

Agus DW Martowardojo, saat masih menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia pada akhir tahun 2017, menyatakan bahwa dengan GPN ini, maka akan mengurangi biaya transaksi nontunai kartu debit menjadi sekitar 1% atau turun satu hingga dua kali lipat dibanding sebelumnya untuk transaksi ritel. Tak tanggung-tanggung, bahkan biaya transaksi nontunai ritel menggunakan kartu debit berlogo GPN ini bisa gratis alias nol persen saja, untuk transaksi pemerintah. Dengan penurunan biaya tersebut, dari sisi ritel, akan membantu meningkatkan keuntungan (marjin) dari merchant(pedagang). Karena memang biaya transaksi nontunai kartu debit ini bukan dikenakan kepada konsumen/pembeli, tapi kepada pedagang, dan tarifnya menjadi lebih murah. Begitu juga bila nasabah melakukan transaksi transfer antar bank juga akan diuntungkan. Tentu tidak asing lagi bila transfer sesama bank sudah pasti tidak ada biaya yang dikenakan. Namun jika transfer dengan bank yang berbeda, pasti akan dikenakan biaya yang cukup mahal. Dengan adanya GPN ini, maka biaya transfer beda bank jadi lebih murah.

GPN sendiri sudah diluncurkan oleh Bank Indonesia pada akhir tahun 2017 dan berlaku pada 1 Januari 2018. Diharapkan, pertengahan tahun ini semua bank yang sudah memperoleh izin menggunakan logo GPN, akan mengeluarkan kartu debit berlogo national payment gateway ini.

Referensi : https://www.cermati.com/artikel/indonesia-punya-gpn-untuk-transaksi-kartu-debit-murah-apa-itu dan http://wartabank.com/logo-gpn-pacu-percepatan-implementasi-chip/


Bantu kami mencerdaskan Indonesia dengan membuat kelas atau quiz yang dapat diikuti oleh semua rakyat Indonesia

Buat Kelas Buat Quiz

Artikel Lainnya

Jerawat
Oleh Vicy Adhani 31 Mei 2018
Food Prep
Oleh Vicy Adhani 24 Apr 2018
Hari Kartini
Oleh Vicy Adhani 21 Apr 2018
Tiramisu
Oleh Vicy Adhani 17 Apr 2018

Share

Facebook Twitter gPlus

Sukai Halaman