Loading...
Teguh Sucianto

OpiniKita : 3 Hal Disebut Buta Aksara Abad Ini

20 Feb 2017 19:55. Oleh Teguh Sucianto

TemanKita, pasti memahami Istilah Calistung? Membaca, menulis dan berhitung adalah 3 hal kemampuan dasar yang wajib dimiliki untuk bekal perkembangan kemampuan belajar seseorang. Kemampuan dasar tersebut saat ini sudah di perhatikan bahkan saat usia dini. Tapi apakah Temankita mengetahui, bahwa di jaman sekarang ini, pemahaman tentang buta aksar tidak terbatas pada Calistung saja. Mari TemanKita simak OpiniKita berikut ini.

- Tidak menguasai Teknologi

sumber: merdeka.com

Perkembangan teknologi saat ini sudah kian pesat, jarak menjadi tidak berarti lagi. Ribuan kilometer dapat terwakili dengan telepon, pesan singkat, bahkan dengan video. Belum lagi, TemanKita dapat memenuhi kebutuhan hanya dengan duduk di ruang santai, dengan bantuan sebuah aplikasi maka kebutuhan bisa teratasi. Semisal kita lapar, TemanKita cukup menjalankan satu aplikasi, order makanan tanpa menunggu berapa saat seseorang sudah siap datang kerumah membawa kebutuhan makan tersebut.

Begitu juga kebutuhan tentang pendidikan saat ini, sudah tersedia pembelajaran-pembelajaran yang sudah memanfatkan perkembangan teknologi. Belajar menjadi tidak terbatas pada waktu, tempat dan jarak. Perkembangan e-learning dan Banded Learning memudahkan TemanKita dalam memenuhi kehausan dalam ilmu pengetahuan.

Belajar tidak lagi dibatasi pada ruangan serta bertatap muka. Dengan kemajuan teknologi, pembelajaran dapat dilakukan kapan saja disela kesempatan waktu yang TemanKita miliki. Pertanyaannya adalah apakah kita menguasai kemajuan teknologi sebagai suatu kemudahan atau menjadi penghambat? Ataukah kemajuan teknologi hanya dimanfatkan hanya sebagai sebuah sarana menghibur atau bisa menjadi sumber-sumber yang bermanfaat untuk perkembangan kemampuan sarana belajar TemanKita?

Jika perkembangan penguasaan pemanfaatkan teknologi dapat memberikan dampak menumbuh kembangkan kemampuan belajar TemanKita, maka penguasaan teknologi sebagai sarana belajar seseorang sudah terlewati, sehingga buta aksara yang pertama telah terlewati.

- Tidak Menguasai Bahasa Asing

sumber : brechonana.blogspot.com

Perkembangan teknologi dapat mempertemukan banyak individu-individu, kelompok, lembaga bahkan Negara. Di era digital dan global saat ini, bahasa menjadi kriteria buta aksara selanjutnya. Apabila hanya bahasa Ibu yang dapat dikuasai saat ini, maka perkembangan kemampuan belajar sedikit terhambat. Pertukaran ilmu pengetahuan diproduksi dengan menggunakan bahasa internasional saat ini. Apabila TemanKita memiliki kemampuan bahasa asing yang memadahi maka perkembangan kemampuan belajar menjadi cepat meningkat. Sudah barang tentu TemanKita dapat bersaing bukan hanya dengan dalam negeri tapi dunia global.

- Memiliki Karakter

sumber: foorus.wordpress.com

Perkembangan karakter merupakan hal selanjutnya yang disebut buta aksara abad ini. Tersedianya informasi dari dalam dan luar yang dapat diakses dengan mudah, secara sadar ataupun tidak dapat menggeser nilai-nilai karakter yang dimiliki oleh Individu. Justru pergeseran karakter bisa terjadi disaat usia kita sudah akan beranjak dewasa.

Kemampuan individu dalam mengakses banyak informasi dapat mengubah karakter individu menjadi sulit terbangun dan berubah-ubah. Maka kesadaran dalam perkembangan karakter yang dimiliki harus dapat membangun perkembangan kemampuan belajar individu.

Semisal informasi yang sedang Update dapat memberikan efek karakter dasar yang individu miliki menjadi mengikuti trend saat ini, maka individu tersebut sudah termasuk dalam buta aksara yang terakhir. Pertanyaannya, apakah salah kita mengikuti perkembangan jaman saat ini? Tidak salah apabila kita hanya menerima tanpa harus mengubah karakter dasar yang dimiliki.

Abad digital saat ini melahirkan banyak tantangan kedepan, maka sebagai dasar dalam menghadapinya. 3 hal yang disebut buta aksara abad ini harus TemanKita antisipasi sebaik mungkin.

Salam Hangat


kelaskita logo kecil Explore