Loading...

TNI ANGKATAN UDARA

09 Apr 2018 10:04. Oleh

Halo teman belajar, siapa disini yang punya cita cita ingin bergabung dengan Tentara Nasional Indonesia atau yang biasa dikenal dengan TNI ?

TNI adalah nama sebuah angkatan perang dari negara kita ini, Indonesia. Pada awal dibentuk bernama Tentara Keamanan Rakyat (TKR) kemudian berganti nama menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI) dan kemudian diubah lagi namanya menjadi Tentara Nasional Indonesia (TNI) hingga saat ini. Tentara Nasional Indonesia (TNI) terdiri dari tiga angkatan bersenjata, yaitu TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, dan TNI Angkatan Udara. Kali ini akan dibahas tentang TNI AU yang tepat pada hari ini, 9 April merayakan hari jadinya.

TNI AU lahir dengan dibentuknya Badan Keamanan Rakyat (BKR) pada Tanggal 23 Agustus 1945, guna memperkuat Armada Udara yang saat itu berkekurangan pesawat terbang dan fasilitas-fasilitas lainnya. Pada tanggal 5 Oktober 1945 berubah menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR) jawatan penerbangan di bawah Komodor Udara Soerjadi Soerjadarma. Pada tanggal 23 Januari 1946 TKR ditingkatkan lagi menjadi TRI, sebagai kelanjutan dari perkembangan tunas Angkatan Udara. Pada tanggal 9 April 1946, TRI jawatan penerbangan dihapuskan dan diganti menjadi Angkatan Udara Republik Indonesia, yang kini diperingati sebagai hari lahirnya TNI AU yang diresmikan bersamaan dengan berdirinya Tentara Nasional Indonesia (TNI). TNI-AU berada di bawah Markas Besar TNI. Perwira tersenior Angkatan Udara, Kepala Staf TNI Angkatan Udara, adalah perwira tinggi berbintang empat dengan pangkat Marsekalmengepalai Angkatan Udara di bawah Panglima TNI. Mabes TNI AU membawahi Komando Utama atau biasa disingkat Kotama.

Kekuatan Pasukan TNI Angkatan Udara

TNI Angkatan Udara saat ini dperkuat oleh 2 Pasukan yang keduanya mempunyai tugas dan fungsi yang berbeda yaitu terdiri dari:

  • Korps Pasukan Khas (Korpaskhas). Pasukan baret jingga yang dulu sangat terkenal dengan nama Pasukan Gerak Tjepat (PGT) merupakan pasukan berkualifikasi Para Komando adalah pasukan pemukul tempur darat TNI Angakatan Udara bersifat ofensif, yang terdiri dari:
  1. Satbravo 90 Paskhas/Anti Teror
  2. Satwalkol Paskhas/Mabes TNI AU
  3. Denmatra Paskhas
  4. Denhanud Paskhas (Hanud Titik dan Hanud Menengah/Jauh)
  5. Pasukan Para Komando (Yonko 461-469)
  6. Resimen Bantuan Tempur Paskhas
  7. Kompi Hanlan "BS" Paskhas (di Satkamhanlan tiap Lanuma)
  8. Pusdiklat Pasukan Khas
  • Satuan Keamanan Pertahanan Pangkalan TNI AU.(Bersifat Defensif). Pasukan Kamhanlan sebelumnya telah ada setiap lanuma dan lanud di seluruh Indonesia yang anggotanya terbentuk dengan mengambil beberapa orang dari tiap staf yang ada di pangkalan dengan di kepalai seorang perwira sebagai Kasi Kamhanlan. Kedepan Kamhanlan akan dibentuk menjadi Satuan sendiri dipimpin oleh seorang Pama sebagai Komandan Satuan Kamhanlanau yang bertugas melaksanakan pengamanan, pertahanan pangkalan TNI AU juga sebagai pasukan taktis dari tiap lanud. Tugas pengamanan pangkalan sebelumnya diemban oleh Satuan Provost AU kala itu masih menggunakan korps pasukan (Psk)yang salah satunya bertugas sebagai Pamfik, maka setelah berubah menjadi POMAU selanjutnya dikembalikan melaksanakan tugas-tugas kepolisian militer yaitu Gaktiblin, penyidikan, walmor dan protokoler. Organisasi Satuan Keamanan Pertahanan Pangkalan TNI AU (Satkamhanlanau) terdiri dari gabungan kekuatan :
  1. Kompi Hanlan (Kekuatan inti Personel dari Paskhas dengan dilengkapi persenjataan berat 12,7 mm)
  2. Kompi Kamlan, yaitu Kompi Taktis Lanud (Personel Organik Lanud dengan dilengkapi perlengkapan PHH dan kendaraan water canon)
  3. Ton Paspam Pomau
  4. Ton Brigan Pomau

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/TentaraNasionalIndonesiaAngkatanUdara


Bantu kami mencerdaskan Indonesia dengan membuat kelas atau quiz yang dapat diikuti oleh semua rakyat Indonesia

Buat Kelas Buat Quiz

Artikel Lainnya

Jerawat
Oleh 31 Mei 2018
Food Prep
Oleh 24 Apr 2018
Hari Kartini
Oleh 21 Apr 2018

Share

Facebook Twitter gPlus

Sukai Halaman