Belajar Menjadi Reporter TV untuk Pemula

Deskripsi Kelas

Kamu pasti sering melihat reporter di televisi kan? Penampilannya yang selalu prima dan fasih membawakan berita bukanlah hal yang mudah lho. Diperlukan kemampuan riset data, menulis berita, serta melatih kemampuan public speaking di depan kamera. Terlebih, para reporter di lapangan selalu berusaha membawakan berita untuk pemirsa di rumah dalam situasi apa pun.

 

Meski tergolong pekerjaan yang cukup menantang dan berisiko, peminat profesi ini ternyata tak pernah surut loh. Apalagi dengan perkembangan pesat media online saat ini, kebutuhan akan reporter terus meningkat. Nah, apakah kamu tertarik menjadi seorang reporter, tapi masih belum memiliki pengalaman dan pengetahuan dasarnya? Yuk ikuti kelas ini bersama reporter TV Cherrie Marani.

 

Alasan kelas ini penting untuk diambil:

Menjadi reporter atau jurnalis bisa dikatakan merupakan posisi awal dalam karir jurnalistik di industri media/ TV. Skill sebagai seorang reporter menjadi bekal dasar untuk menapak ke jenjang karir berikutnya. Kelas ini memberikan materi dasar yang mudah dipahami untuk kamu yang ingin menjadi seorang reporter TV.

 

Tujuan kelas:

Kelas ini bertujuan memaparkan kepada peserta pengetahuan dasar dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang reporter TV. Dengan adanya praktik menulis berita dan praktik live report, materi yang disampaikan oleh mentor akan mudah untuk dipahami dan diterapkan oleh peserta.

 

Materi yang diajarkan di kelas ini:

Pada kelas ini, peserta akan mempelajari dan memahami:

1.     Mengenal profesi reporter televisi nasional mulai dari tanggung jawab hingga kemampuan dasar yang perlu dimiliki.

2.     Memahami beberapa jenis berita yang populer digunakan di program berita televisi

3.     Memahami bedah topik/ angle dalam berita

4.     Memahami tata cara menulis berita reportase yang menarik

5.     Memahami 9 format berita televisi

6.     Memahami tahapan pra produksi sebelum reportase dan apa saja yang perlu dipersiapkan oleh seorang reporter.

7.     Memahami tahap produksi saat reportase

8.     Memahami tata cara live reporting.

9.     Tips mendapatkan pekerjaan sebagai reporter televisi

 

Jenis pekerjaan yang relevan dengan kelas ini:

Setelah menyelesaikan kelas ini, peserta diharapkan dapat mengaplikasikan pengetahuan dan kemampuan reporting untuk memulai karir sebagai reporter televisi atau media online yang memiliki materi pemberitaan format video.

 

Syarat & kriteria peserta mengikuti kelas ini:

Kelas ini dirancang untuk peserta yang ingin mengenal dan belajar profesi reporter TV. Program ini dapat diikuti oleh fresh graduate atau lulusan S1 yang ingin belajar menjadi reporter TV. Tingkat kesulitan pelatihan ini adalah untuk tingkat pemula/tingkat dasar.

Pengajar

Cherrie Marani
Reporter TV

Sejak dulu, Cherrie Marani memang memiliki hobi yang besar akan bidang jurnalistik dan akhirnya memutuskan kuliah di Monash University mengambil jurusan journalism. Selama perkuliahan ia banyak mengeksplorasi dunia jurnalistik dengan mengikuti magang di beberapa stasiun berita di Australia. Pada tahun 2019, ia berhasil menyelesaikan kuliahnya dan menyandang gelar sebagai Bachelor ...

Lihat Profil Selengkapnya

Tersedia sejak 26 Juli 2021

Audio: Bahasa Indonesia

Kategori: Akalkita

Total Durasi: 57 menit

1789
4
3
Save
Share
Dapatkan 1875 point, dengan membeli kelas ini dan tukarkan pointnya dengan hadiah.

Rp 75.000

Beli