Cara Mudah Membuat Sabun Organik yang Unik

Deskripsi Kelas

Teman Kelaskita pasti sudah familiar dengan sabun organik (alami) dong? Ya, belakangan ini sabun organik memang sedang populer digunakan, karena kandungannya yang lebih baik untuk kulit kita serta aman untuk lingkungan.


Salah satu metode pembuatan sabun organik ini adalah menggunakan hot process. Metode ini sangat efektif untuk memproduksi sabun lebih cepat. Hal ini dikarenakan proses memasak yang dilakukan dapat mempercepat reaksi saponifikasi dan pengurangan kadar air, sehingga sabun lebih cepat mengeras dandapat langsung digunakan.


Cara pembuatannya juga sangat mudah. Kamu bisa membuat sabun organik ini di rumah dengan peralatan dan bahan yang bisa kalian dapatkan dari e-commerce loh. Hasil jadi sabun tersebut bisa kalian gunakan sendiri di rumah dan bisa kalian jual untuk menambah penghasilan. Menarik kan?


Yuk! kita sama-sama belajar membuat sabun alami bersama Kak Ie Kian dan Marvel dari Zubha Soap. 


Mengapa kelas ini penting untuk diambil?

Tanpa kita sadari, setiap harinya kita menyumbang limbah rumah tangga yang berdampak buruk bagi lingkungan. Beberapa di antara limbah rumah tangga yang cukup banyak ditemukan adalah limbah air sabun. Mari kita sama-sama mengurangi kerusakan lingkungan dengan menggunakan sabun organik. Selain memberikan kontribusi positif kepada lingkungan, sabun organik ini sangat ramah dikulit, bisa dibuat dirumah dengan bahan baku alami yang berasal dari hasil bumi Indonesia, dan bisa kamu jual untuk menambah penghasilan.


Di kelas ini, kamu akan merasakan pembelajaran secara menyeluruh karena mentor tidak hanya memberikan teori namun mempraktikkan langsung langkah-langkah pembuatan sabun organik dengan metode hot process.

 

Apa tujuan dari kelas ini?

Setelah mengikuti kelas ini, kamu akan bisa membuat sabun organikmu sendiri di rumah. Karena di kelas ini, kamu akan memahami langkah-langkah dasar pembuatan sabun organik dengan metode hot process, formulasi untuk membuat sabun organik, tips pengemasan, dan penyimpanan sabun.

 

Apa saja yang akan diajarkan melalui kelas ini?

1. Perbedaan metode hot process dan cold process dalam pembuatan sabun organik

2. Peralatan dan bahan yang diperlukan untuk pembuatan sabun organik

3. Formulasi atau resep untuk pembuatan sabun organik

4. Peralatan keamanan yang diperlukan untuk pembuatan sabun organik

5. Langkah-langkah pembuatan sabun organik

6. Cara penyimpanan, pengemasan dan penggunaan sabun organik

 

Apa jenis pekerjaan yang relevan dengan kelas ini?

Setelah mengikuti kelas ini, diharapkan peserta dapat menjadi penggiat kriya sabun agar bisa membuat usaha penjualan sabun organik atau menjadi staf di toko sabun organik

 

Siapa yang dapat mengikuti kelas ini?

Kelas ini dapat digunakan mulai dari usia tingkat SMA sampai para orang tua yang masih dalam usia produktif. Tingkat kesulitan pelatihan ini adalah untuk tingkat pemula/ tingkat dasar.

Pengajar

Kian dan Marvel "Zubha Soap"
Penggiat Kriya Sabun

Zubha Soap merupakan produsen sabun artisan yang berfokus membuat produk kecantikan, kosmetik, dan perawatan diri. Sejak berdiri pada 2019, Zubha telah memproduksi berbagai jenis sabun herbal dan scrub yang dibuat dengan bahan alami.

Zubha berasal dari bahasa sanksekerta yang berarti sinar matahari pagi. Selayaknya matahari yang selalu ada setiap saat, ...

Lihat Profil Selengkapnya

Tersedia sejak 08 Juli 2021

Audio: Bahasa Indonesia

Kategori: Usahakita

Total Durasi: 1 jam 2 menit

674
5
4
Save
Share
Dapatkan 1875 point, dengan membeli kelas ini dan tukarkan pointnya dengan hadiah.

Rp 75.000

Beli